Ini Kata Kadinkes Pamekasan Soal Kabar Adanya Penyakit HIV

0
166
ilustrasi
ilustrasi

Pamekasan, (regamedianews.com) – Penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/ AIDS) di Kabupaten Pamekasan tahun 2017 mencapai 71 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data yang ada di Puskesmas dan RSUD dr. Slamet Martodirdjo.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pamekasan, Ismail Bey mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah jumlah tersebut merupakan pasien asal Kabupaten Pamekasan semua atau tidak, mengingat terdapat pasien dari luar daerah berobat ke bumi Gerbang Salam.


“Dari 71 penderita itu, dua di antaranya merupakan anak di bawah usia lima tahun. Hal ini harus segera diobati,” ungkapnya, Senin (04/12/2017).

HIV/AIDS merupakan penyakit menular, penularan penyakit tersebut biasanya melalui hubungan seksual dengan gonta-ganti pasangan. Sehingga, masyarakat terkadang malu mengobati penyakit ini lantaran dianggap aib. Padahal, jika tidak segera dicegah akan menular pada orang terdekatnya.

“Kami kesulitan mendeteksi penyakit ini karena dianggap aib, kalau terjangkit langsung disembunyikan. Bahkan ada yang rela tidak mengobatinya lantaran penyakitnya takut terbongkar. Kami kerap melakukan sosialisaai kepada masyarakat terkait penyakit tersebut agar masyarakat bisa terbuka, tidak lagi menyembunyikan penyakit tersebut. Sehingga bisa dilakukan pencegahan penularannya,” ungkapnya. (jaz)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here