BPBD Pamekasan; Prediksi Intensitas Hujan Sedang Hingga Februari 2018

0
178

Pamekasan, (regamedianews.com) – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, memprediksi intensitas hujan sedang akan terus terjadi hingga bulan Februari 2018.


Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan, curah hujan yang terjadi di Pamekasan dalam beberapa hari terakhir ini masuk kategori hujan sedang, meskipun secara pantauan umum hujan begitu deras.

“Di Pamekasan intensitasnya masih sedang, kalau tinggi itu di atas 500. Walaupun yang terjadi hujannya deras, tapi ada parameternya, parameter BMKG itu beda dengan kebiasaan yang kita ucapkan. Kalau 200 ke bawah itu ringan, 200 sampai 400 itu sedang, 500 ke atas itu tinggi,” jelasnya, Sabtu (23/12/2017).

Budi menambahkan, sekecil apapun hujan yang terjadi di sebuah daerah tetap berpotensi bencana tergantung kondisi tanah. Prediksi cuaca tersebut sewaktu-waktu bisa berubah sesuai update BMKG, biasanya BMKG langsung mengirim surat kepada BPBD terkait cuaca terbaru, apalagi ada cuaca yang tidak bersahabat.

“Kalau ada peringatan dini baru dikirimkan ke kami oleh BMKG, kita ini kan sama-sama tidak tahu bagaimana cuaca di laut, di Australia dan lain-lain, tapi rata-rata intensitas hujan sedang hingga bulan Februari,” pungkasnya. (mad)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here