Awal Tahun 2018, Disperindag Sumenep Target Bebas PKL Liar

0
166

Sumenep, (regamedianews.com) – Awal tahun 2018 Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, menargetkan tepatnya di jalan KH Agus Salim bebas dari pedagang kali lima (PKL).


Kepala Disperindag Sumenep, Syaiful Bahri mengatakan, semua PKL utamanya yang ada di Jalan KH Agus Salim akan dimasukkan semua ke areal yang sudah disediakan di Bangkal. Jadi tahun depan tidak ada lagi PKL yang berjejeran di depan kantor Kemenag dan MAN.

“Saat ini, di bahu Jalan KH Agus Salim banyak berjejer stan PKL non permanen. Mereka merupakan PKL yang direlokasi pada tahun 2016 dari tempat mangkal di area Taman Bunga,” terangnya, Kamis (28/12/2017).

Namun, lanjut Syaiful, keberadaan PKL saat ini bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (Perda) Tahun 2011. Dalam perda itu ditegaskan bahwa jalan raya maupun bahu jalan dilarang sebagai tempat berjualan.

“Sebagai solusi, Pemkab Sumenep tahun 2016 membangun pujasera, kios bagi pedagang sepeda, dan kios konveksi. Tahun ini, pemkab kembali membangun kios yang diperuntukan PKL eks Taman Bunga, meskipun belum selesai,” jelasnya.

Syaiful menambahkan, sampai saat ini pembangunannya mencapai 70 hingga 80 persen. Lokasinya ada di eks pasar hewan Bangkal dan semua PKL akan ditampung.

“PKL eks Taman Adipura yang disiapkan tempat di Bangkal itu sebanyak 130 PKL yang bergerak dibidang makanan atau kuliner, 80 PKL konfeksi, 27 mainan yang sifatnya mobile, dan 32 PKL mainan yang sifatnya stasioner,” urainya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here