Pilkada Pamekasan, Panwaslu Bakal Perketat Pengawasan

0
152

Pamekasan, (regamedianews.com) – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan tahun 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat akan melakukan pengawasan ketat guna mengantisipasi adanya kecurangan dalam pelaksanaan pilkada tersebut.


“Sejumlah antisipasi pengawasan telah dirumuskan guna mencipatakan Pilkada yang demokratis. Antisipasi kecurangan di Pilkada sudah kami rumuskan,” kata Ketua Panwaslu Kab. Pamekasan, Abdullah Saidi, Kamis (28/12/2017).

Menurutnya, pengawasan Pilkada Pamekasan tidak mungkin mengandalkan pengawas kabupaten atau kecamatan dan desa yang jumlahnya terbatas. Sehingga pengawasan perlu melibatkan masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), mahasiswa serta tokoh masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap suksesnya pelaksanaan Pilkada.

“Diantaranya mempunyai legal standing untuk melaporkan dugaan pelanggaran ada tiga komponen. Pertama, warga negara yang mempunyai hak pilih. Kedua, pemantau. Dan ketiga adalah pasangan calon dalam kontestan Pilkada. Tiga komponen itu kemudian yang diatur dalam Perbawaslu No.14 dan 17 yang punya legal standing untuk pelaporan,” jelasnya. (mad)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here