Cuaca Di Sumenep Tak Bersahabat, BPBD Imbau Nelayan Untuk Tidak Melaut

0
110

Sumenep, (regamedianews.com) – Dalam beberapa hari terakhir, kondisi cuaca di wilayah perairan Sumenep, cenderung tidak menentu. Oleh karena itu nelayan diminta lebih mengutamakan keselamatan daripada penghasilan.
Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riyadi.


“Beberapa hari ini cuaca di perairan.Sumenep kurang begitu bersahabat. Kami sudah mengeluarkan edaran agar masyarakat, termasuk nelayan, selalu waspada terhadap kondisi cuaca saat ini,” terangnya, Rabu (24/01/2018).

Riyadi menambahkan, berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), periode Desember 2017 hingga Februari 2018 kondisi cuaca di wilayah kabupaten Sumenep cukup ekstrim, tak terkecuali di wilayah perairan.

“Kami berharap nelayan tidak menangkap ikan kalau sekiranya kondisi cuaca tidak kondusif. Lebih baik mencegah daripada terjadi hal-hal tak diinginkan,” harapnya.

Rahman mengaku mengerti kondisi nelayan yang memang dituntut mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi di sisi lain, nelayan juga harus memperhatikan keselamatan dirinya, selain penghasilan.

“Kami telah mengimbau, kalau mau melaut sebaiknya menunggu kabar lebih lanjut dari BMKG. Kalau cuacanya bagus, silakan. Tapi kalau cuaca tidak memungkinkan, tak perlu dipaksanakan,” pungkasnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here