Lebih Separuh Dari Jumlah Nelayan Di Sumenep Masih Belum Dapat Kartu Asuransi

0
130

Sumenep, (regamedianews.com) – Lebih dari separuh jumlah keseluruhan nelayan di Kabupaten Sumenep, hingga sekarang belum memiliki kartu asuransi nelayan. Hal ini sesuai data di Dinas Perikanan setempat.


Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arief Rusydi mengatakann, jumlah nelayan di kabupaten paling timur Pulau Madura ini sekitar 41 ribu. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 14 ribu nelayan mengantongi kartu asuransi. Program asuransi nelayan baru dimulai pada 2016 lalu.

“Hal ini merupakan kerja sama pemerintah kabupaten dan pusat. Di tahun pertama, mendapat jatah 10 ribu kartu asuransi. Dari jatah itu, hanya mampu terealisasi sekitar delapan ribu,” tandasnya, Jum’at (26/01/2018).

Tahun 2017 kemarin, lanjut Arief, awalnya Kabupaten Sumenep hanya mendapat jatah 5 ribu nelayan sama dengan kabupaten-kabupaten lain. Namun, karena di kabupaten lain banyak tidak memenuhi target, realisasi kartu nelayan di Sumenep bisa mencapai 6 ribu 8 ratus.

“Jadi nelayan di Sumenep saat ini yang sudah memiliki kartu asuransi nelayan sekitar 14 ribu lebih. Beberapa bahkan sudah ada yang memanfaatkannya,” imbuhnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here