Di Sumenep, Bansos Rastra Bakal Di Distribusikan Pekan Depan

0
155

Sumenep, (regamedianews.com) – Bantuan sosial beras untuk masyarakat sejahtera (rastra) di Kabupaten Sumenep, akan didistribusikan mulai awal pekan depan. Pasalnya, pemerintah setempat telah mensosialisasikan daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke camat dan stok rastra di Bulog juga sudah siap.


Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Mustangin mengatakan, Rastra yang ditunggu warga akan disalurkan mulai pekan depan. Menurutnya, pendistribusian rastra sempat tersendat karena terdapat beberapa proses administrasi yang belum selesai.

“Jatah untuk Januari dan Februari belum disalurkan. Mulai pekan depan sudah bisa disalurkan kepada KPM (keluarga penerima manfaat),” ujarnya, Kamis (08/03/2018).

Mustangin menambahkan, pihaknya telah menjalin koordinasi dengan camat dan Asosiasi Kepala Desa (AKD). Selain itu, berdasarkan laporan dari pihak Bulog bahwa beras yang akan didistribusikan sudah siap untuk jatah Januari hingga Maret.

“Hanya saja, pendistribusiannya akan dilakukan secara bertahap selama tiga kali. Apabila disalurkan secara bersamaan, diprediksi pemerintah desa kewalahan, karena jumlahnya cukup banyak,” tandasnya.

Tahun ini, lanjut Mustangin KPM di kabupaten yang memiliki 126 pulau ini sebanyak 128.016 orang, masih sama dengan KPM 2017. Tetapi, jumlah berasnya yang berbeda. Pada 2017 per KPM mendapatkan 15 kg, sedangkan tahun ini hanya mendapatkan 10 kg per KPM.

“Bedanya tahun ini gratis. Masyarakat tidak perlu lagi menebusnya. Termasuk biaya transportasinya ditanggung pemerintah,” pungkasnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here