Ikuti LCCK Tingkat Kabupaten, KIM Kembar Barokah Desa Gunung Rancak Prioritaskan Penyampaian Informasi Pada Warga Melalui Media

0
165
Kim kembarokah saat menyampaikan paparannya

Sampang, (regamedianews.com) – Guna meningkatkan kemampuan dan pemberdayaan bagi masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Sampang mengadakan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Tahun 2018 bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umun (BPU), Jl. Trunojoyo, Selasa (20/03/2018).


Dalam LCCK kali ini ada 3 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM yang lulus seleksi, diantaranya KIM Bong Loros Jaya, asal Desa Ketapang Laok Kecamatan Ketapang, KIM Tunas Muda
asal Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong, dan KIM Kembar Barokah asal Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal.

Kepala Komunikasi dan Informatika
Kab. Sampang, Djuwardi mengatakan,
ke tiga KIM ini sebelumnya menjadi juara di tingkat kecamatan dan lulus seleksi untuk merebutkan juara I tingkat kabupaten untuk kemudian nanti melaju ke tingkat Provinsi Jawa timur. Lomba LCCK kali dibagi menjadi tiga regu yakni regu A, B, dan C.

“Dalam lomba cerdik cermat komunikatif ini, ada sejumlah metode penilaian yang dilakukan, yakni metode lomba atau penilaian blog meliputi presentasi produk unggulan (bobot 20 %), keaktifan update berita, interaksi blog, pengunjung blog, dengan sistim penjurian penilaian blog (bobot 20 %), penugasan / pembuatan tulisan (bobot 20%), tanya jawab (bobot 10 %), menjawab pertanyaan dari juri kehormatan (bobot 10 %), dan fragmen (bobot 20 %),” jelasnya.

Di awal lomba moderator meminta pada semua KIM untuk memperkenalkan hasil produk unggulan dimasing – masing desa, giliran KIM Kembar Barokah Desa Gunung Rancak Kec. Robatal yang berada di regu C memberikan paparan tentang produk unggulanya yaitu makanan atau camilan Kacang Molen khas Desa Gunung Rancak.

“Penjualannya sudah dikenal dibeberapa kawasan di Sampang terutama di kawasan pantura seperti Kec. Robatal, Kec. Ketapang, Kec. Sukobanah, dan Kec. Bayuate,” tutur ketua regu C, Adi.

Bukan hanya itu, lanjut Adi, KIM Kembar Barokah setiap bulan bahkan setiap minggunya mengadakan semacam perkumpulan dengan tokoh masyarakat desa setempat guna memberikan informasi baik tentang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya.

“Ditambah cara penyampaianya melalui media yang dimiliki oleh KIM Kembar Barokah yaitu Radio Rega FM 107.3 Mhz dan Media Online Regamedianews.com,” sebutnya. (har/adi)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here