Pemkab Sumenep Desak Desa Yang Belum Miliki BUMDes Segera Dibentuk

0
138

Sumenep, (regamedianews.com) – Seluruh desa di Kabupaten Sumenep yang masih belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) saat ini Pemkab setempat tengah mendesak agar membentuk Bumdes. Pasalnya 330 desa di Sumenep, yang telah membentuk BUMDes masih sekitar 170 desa.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Achmad Masuni mengatakan, saat ini pihaknya mendesak seluruh desa di daerahnya yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar membentuknya.

“Dari hampir separuh desa yang belum membentuk itu, sekarang mungkin sudah ada yang membentuk. Cuma dokumennya belum disampaikan ke sini (DPMD),” ungkapnya, Kamis (22/03/2018).

Masuni menegaskan, saat ini DPMD sudah dalam proses kerja sama dengan BUMN, seperti Pertamina, Bulog, dan PLN. Oleh karena itu, pihaknya mendesak desa agar membentuk BUMDes agar jika ada kegiatan-kegiatan BUMN bisa dikerjasamakan dengan BUMDes.

“Di samping itu, pembentukan BUMDes merupakan prioritas pemerintah pusat. Diharapkan BUMDes itu bisa menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat desa di Sumenep,” harapnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here