Tingkatkan Baca dan Menulis Bagi Pelajar, Disdik Pamekasan Bentuk Program Ini

0
156

Pamekasan, (regamedianews.com) – Guna meningkatkan minat baca dan menulis yakni menaikkan iklim literasi siswa di Kabupaten Pamekasan, Dinas Pendidikan di wilayah itu mempunyai sejumlah program. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Moh Tarsun.


Menurutnya, iklim literasi di Kabupaten Pamekasan memang masih rendah, sehingga pihaknya terus berupaya agar siswa mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) untuk terus giat membaca dan juga menulis.

“Hal itu sejalan dengan Permendikbud nomor 23 tahun 2017 tentang Gerakal Literasi sekolah (GLS) yang mengharuskan siswa membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, anak membaca non mata pelajaran,” terangnya, Kamis (22/03/2018).

Lebih lanjut Tarsun mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan dan memerintahkan kepada seluruh sekolah agar program membaca di sekolah tersebut terus didorong.

“Untuk menunjang itu kita lakukan pendataan dengan menggandeng asosiasi tenaga pustakawan untuk mendata kelengkapan perpustakaan di masing-masing sekolah,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Tarsun, saat ini sudah lebih 50 persen sekolah mempunyai Perpustakaan yang baik di tingkat sekolah dasar, dan di tingkat SMP hampir semua sekolah sudah mempunyai perpustakaan yang memadai.

“Selain dorongan untuk giat membaca, siswa juga didorong untuk aktif menulis di buletin dan majalah dinding sekolah. Kami juga sudah menekankan kepada guru agar rutin mengadakan lomba menulis di sekolah,” ungkapnya. (man)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here