Jumlah Penderita TBC di Sampang Masih Tinggi

  • Bagikan

Sampang, (regamedianews.com) – Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah penderita Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Sampang saat ini masih tinggi. Terbukti dari data Dinas Kesehatan Sampang jumlah penderita mencapai 1000 lebih. Rata – rata penderita tersebut tertinggi berada di Pulau Mandangin.

Sekretaris Dinas Kesehatan setempat, Asrul Sani mengatakan, faktor penyebab terjangkit nya penyakit TBC, dikarenakan faktor lingkungan yang kurang baik, ketersediaan air bersih kurang, serta kondisi rumah yang sempit, sehingga berdampak pada penularan penyakit TBC.

“Jumlah penderita TBC di Sampang itu mencapai 1000 orang tapi sari proporsi dari penderita TBC itu tertinggi di pulau Mandangin itu penderitanya lebih banyak dari daerah lain,” ujarnya, Selasa (17/4/2018)

Menurutnya untuk pengobatan penyakit TBC paling cepat sekitar enam bulan, kecuali ada komplikasi, pengobatannya bisa lebih lama. Faktor dari TBC itu lingkungannya kurang bagus, seperti ketersediaan air bersih, sanitasi, berhubungan dengan pola konsumsi pangan, konsumsi makanannya belum seimbang, dan juga dari faktor kemiskinan serta juga dari kondisi rumah yang sempit pengap itu juga berdampak pada penularan TBC.

“Jadi kami menghimbau agar masyarakat yang terkena gejala TBC segera dilakukan pengobatan ke Puskesmas terdekat, karena pengobatan penyakit TBC itu di gratiskan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (har/adi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!