Dinkes Imbau Warga Sumenep Waspadai Penyakit Ini Saat Perubahan Musim

  • Bagikan

Sumenep, (regamedianews.com) – Memasuki perubahan musim tahun ini, masyarakat Kabupaten Sumenep diimbau untuk mewaspadai beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang warga pada musim kemarau, dianatara penyakit diare, tipus dan demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Achmad Fatoni mengatakan, penyakit diare mudah menyerang masyarakat. Penyakit ini salah satu penyebabnya kurangnya air bersih. Kekurangan air ini biasanya terjadi di wilayah kepulauan, seperti Raas, Gili Iyang dan Gili Labak.

“Untuk menghindari terserangnya penyakit diare, sebaiknya sebelum air dikonsumsi dimasak dulu,” pesannya, Kamis (19/04/2018).

Lebih lanjut Fatoni mengatakan, penyakit tipus juga mudah menyerang manusia. Penyakit tipus disebabkan kurangnya minum. Sehingga badan lesu dan selera makan rendah.

“Biasanya pada musim panas mendatang penyakit tipus mudah menyerang. Normalnya pada musim kemarau tubuh manusia membutuhkan sedikitnya 2 liter per hari,” terangnya.

Fatoni menambahkan, pada musim kemarau biasanya selera makan berkurang dan badan mudah lesu. Tetapi, usahakan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran.
Termasuk pula penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Kami akan berupaya menekan tingginya korban DBD. Karena setiap puskesmas sudah tersedia mesin poging. Ketika ada kasus DBD petugas siap untuk langsung melakukan pengasapan. Supaya tidak sampai ada korban yang lain,” pungkasnya. (sap)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!