Lantaran Tak Ikut UNAS, 56 Siswa di Bangkalan Tak Lulus

0
182

Bangkalan, (regamedianews.com) – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK/MA telah selesai. Pengumuman kelulusan juga sudah dilakukan sekolah. Beberapa siswa yang terdaftar dalam data nominasi tetap (DNT) lulus.


“Dari data yang ada, tahun ini 10.597 siswa yang terdaftar DNT UNBK di Bangkalan. Ada 174 lembaga SMA/SMK/MA yang menyelenggarakan. Untuk SMA/MA 34 siswa tidak lulus. Sedangkan SMK 22 siswa yang tidak lulus. Sebab 56 siswa itu tidak mengikuti ujian nasional (unas) karena mengundurkan diri,” Kata Kepala Cabang Disdik Jawa Timur Wilayah Bangkalan Arif Khamzah, Senin (07/05/2018).

Menurutnya, siswa yang mengundurkan diri dari UNBK otomatis tidak lulus. Sebab, unas merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa. Beberapa waktu lalu dibuka kesempatan untuk ujian susulan. Kesempatan itu tidak ada yang memanfaatkan.

“Puluhan siswa yang tidak mengikuti ujian dikarenakan berbagai faktor. Ada yang menikah. Ada juga yang keluar kota bersama keluarganya. Sedangkan siswa di Bangkalan yang mengikuti UNBK lulus 100 persen. Siswa mampu memenuhi kriteria untuk bisa mendapat gelar kelulusan,” tandasnya.

Arief menambahkan, pelaksanaan UNBK tahun ini akan kembali dilakukan evaluasi. Termasuk kelulusan siswa agar penyelenggaraan tahun ajaran 2018-2019 lebih baik. Kini sekolah bersiap melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

“Sekolah sudah mengajukan usulan pagu. Tinggal menunggu ketentuan dari pemerintah provinsi (pemprov). Kami kumpulkan kepala sekolah,” tutupnya. (tar)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here