Soal Gizi Buruk, Hanya Ini Peran Dinkes Sampang

0
205

Sampang, (regamedianews.com) – Soal gizi buruk yang melanda kesehatan pada manusia nampaknya perlu perhatian serius dari pemerintah. Pasalnya angka gizi buruk di Sampang ini masih tinggi sehingga perlu perhatian khusus dari semua lintas sektor daerah.


Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi mengatakan, bahwa lintas sektor lainnya juga harus ikut serta menangani persoalan gizi buruk tersebut yakni, perannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat menentukan supaya bisa cepat terselesaikan.

“Peranan Dinkes dalam mengatasi gizi buruk hanya 30%. Gizi buruk itu tidak hanya akibat dari satu OPD karena itu lintas sektor,” terangnya, Selasa (08/08/2018).

Lanjut Agus mengatakan, bahwa pihaknya juga meminta jika ada persoalan gizi buruk biasanya yang disalahkan Dinkes. Tetapi untuk mengatasi tidak satu sektor saja.

“Jika ada persoalan diujung biasanya yang disalahkan Dinas Kesehatan, padahal faktor pengaruhnya hanya 30% saja dan ini perlu ada keterlibatan dari sektor lainnya,” ungkapnya.

Dalam empat bulan ini saja angka gizi buruk di Kabupaten Sampang sudah ditemukan sebanyak 15%.

Agus juga menambahkan bahwa persoalan gizi buruk tersebut biasanya berulah kerena faktor asopan yang kurang bagus.

“Sementara cara untuk mengatasi gizi buruk yaitu, informasi, pendamping dari Keluarga dan ketersediaan pangan,” imbuhnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here