Jelang Lebaran, Satbinmas Polres Sampang Imbau Pengunjung Pasar Waspada Pencopetan

0
171

Sampang, (regamedianews.com) – Jelang lebaran, pusat perbelanjaan tradisional di Sampang, salah satunya Pasar Srimangunan kerap jadi sasaran masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan pokok saat lebaran maupun pasca lebaran. Namun tak luput dari hal itu akan menjadi tugas berat bagi pihak kepolisian untuk menjaga keamanan serta kenyamanan para pengunjung dari tindakan kriminal, misalnya seperti pencopetan atau hipnotis.


Untuk mengantisipasi adanya tindakan kriminal tersebut pihak Kepolisian Resort (Polres) Sampang memperketat keamanan dengan cara memberikan himbauan kepada para pengunjung secara terus menerus. Salah satunya dengan cara penghimbauan melalui pengeras suara yang ada di pasar tradisional setempat.

Dalam konteks itu, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Sampang, AKP Heri Darsono melalui Banit Binkamsa Satbinmas Brigpol Doddy Fitria mengatakan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung yang hendak berbelanja dipusat perbelanjaan tradisional, agar lebih waspada dan berhati-hati, karena saat jelang lebaran biasanya tempat umum seperti pasar menjadi sasaran seseorang yang ingin melakukan tindakan kriminal atau pencopetan.

“Kami akan terus mewanti-wanti kepada para pengunjung pasar untuk lebih waspada terhadap barang bawaannya, terutama barang berharga seperti perhiasan atau handphone, karena sering dijumpai banyak seseorang lengah dalam membawa barang berharganya, sehingga dapat memancing para pelaku kriminal,” ungkapnya, Rabu (13/06/2018).

Lebih lanjut Doddy mengatakan, ada beberapa cara dalam memberikan himbauan kepada pengunjung pasar, diantaranya memberikan himbauan secara langsung dan melalui pengeras suara. Dalam hal itu, imbauan itu dilakukan secara bertahap, artinya setiap satu jam satu kali selama dimulainya jam bukan sampai dengan jam tutup pasar.

“Jadi, apabila masyarakat yang ingin berbelanja kepasar lebih baik jangan membawa perhiasan yang terlalu berlebihan atau mencolok. Selain itu, jika membawa Hp agar meletakkan disaku depan atau tempat yang lebih aman, hindari meletakkan Hp atau dompet di saku belakang, karena dapat mempermudah pencopet untuk melakukan aksinya,” tandasnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here