Polisi Imbau Pemudik Terminal Sampang Ekstra Waspadai Modus Hipnotis

0
202

Sampang, (regamedianews.com) – Mudik lebaran akan dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk mengerjai korbannya. Penumpang pun diimbau mewaspadai kejahatan dengan cara hipnotis dalam kendaraan umum maupun tempat umum seperti di terminal. Jangan mau diberi makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal.


“Terkait tindakan hipnotis, memang sebelum arus mudik sudah pernah terjadi sehingga calon penumpang harus berhati-hati, karena hipnotis modus baru para pelaku kejahatan untuk mendapatkan barang berharga dengan cara mudah,” kata Kasat Binmas Polres Sampang AKP Heri Darsono melalui Banit Binkamsa Satbinmas Brigpol Doddy Fitria, Rabu (13/06/2018).

Menurutnya, modus yang dilakukan pelaku hipnotis bermacam-macam, biasanya melalui pemberian makanan atau minuman. Hipnotis ini biasanya dilakukan saat bus sudah berjalan atau saat penumpang beristirahat di area terminal. Ketika korbannya lengah dan tidak sadar pelaku menggasak harta benda milik korban.

“Hipnotis terkadang dilakukan di dalam kendaraan dan korban pingsan atau tidak sadarkan diri. Jadi, sebelum melakukan perjalanan mudik agar bersedia obat – obatan atau vitamin yang bisa membuat tidak lelah dan tidak ngantuk. Karena terkadang pelaku hipnotis melakukan aksinya dengan cara memanfaatkan kelelahan atau kelengahan korbannya,” tandasnya.

Selain hipnotis, lanjut Doddy, kerawanan yang dikhawatirkan terjadi antara lain pencopetan, kecelakaan lalulintas dan percaloan. Oleh karena itu pihaknya juga menghimbau penumpang untuk berhati-hati dalam menjaga diri dan keluarga serta barang yang dibawanya.

“Kepada para penumpang agar berhati hati membawa barang bawaannya. Sedangkan kepada para pengemudi angkutan umum kami menghimbau agar tak perlu ngebut di jalan raya, untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang hingga sampai ke kampung halamannnya,” imbaunya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here