Dua Komisioner KPU Sampang Penuhi Panggilan Sidang DKPP

0
193

Sampang, (regamedianews.com) – Dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, yakni Syamsul Muarif yang menjabat sebagai Ketua dan Anggotanya Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Miftahur Rozaq, Jum’at (29/6/2018) siang, memenuhi panggilan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI untuk menjalani sidang pertama melalui Vedio conference di kantor Bawaslu Provinsi Jawa Timur.


Menurut pengadu, Agus Sumaryo menjelaskan, saat ini memang ada sidang pertama DKPP RI di Kantor Bawaslu Provinsi Jatim di Surabaya, dengan agenda mendengarkan pokok pengaduan dari pengadu, jawaban KPU, keterangan pihak pihak terkait dan saksi.

“Berdasarkan surat pengaduan yang kami sampaikan ke DKPP RI, ada lima pokok,” ucapnya.

Diantaranya tentang hasil seleksi administrasi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tertuang nama calon PPK Syaiful Anam dengan nomor tes Jrengik-012 yang terindikasi masih menjadi anggota Parpol.

Hasil tes tulis calon anggota PPK Syaiful Anam lulus, Pada tahun 2014 Syaiful Anam menjadi calon DPRD Bangkalan dari partai PDI-P.

“Dua komisioner KPU Sampang sebagai penyelenggaran Pemilu tidak bekerja sungguh sungguh sesuai kode etik dan pedoman prilaku penyelenggara pemilu dan sumpah jabatan,” paparnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, bahwa pihak KPU harus bertanggungjawab dengan meluluskan Syaiful Anam sebagai anggota PPK, yakni ketua KPU Sampang dan Divisi yang membidangi pengembangan SDM dan Parmas.

Berdasarkan surat panggilan dari DKPP RI yang saya terima tanggal 22 Juni 2018, nomor 194/DKPP/SJ/PP.00/06/2018, pemeriksaan sidang 1 untuk mendengar keterangan yang mengacu pada pasal 458 ayat (3) undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Peraturan DKPP tahun 2017 tentang kode etik penyelenggaran Pemilu, Peraturan DKPP nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman kode etik penyelenggaran Pemilu.

“Beserta pengaduan nomor 130/1-P/L-DKPP/2018 tanggal 14 Mei 2018 yang diregistrasi dengan perkara nomor 132/DKPP-PKE-VII/2018, atas nama Agus Sumaryono,” terang Agus Sumaryono mantan komisioner KPU Sampang.

Sementara Syamsul Muarif Ketua KPU Sampang saat dikonfirmasi terkait sidang perdana DKPP RI, membenarkan bahwa pihaknya telah menghadiri sidang DKPP RI di kantor Bawaslu Provinsi Jatim yang dilaksanakan jam 13.30 Wib.

“Ya mas, tadi saya menghadiri sidang perdana DKPP RI di kantor Bawaslu Jatim,” ujarnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here