Kena Percikan Api, Dua Lahan Kayu Jati Di Desa Gunung Maddah Hangus Terbakar

0
157

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam musim kemarau, diimbau kepada masyarakat agar lebih berhati – hati dalam menyalakan api di area perkebunan atau lahan yang mudah terbakar. Seperti kejadian pagi tadi sekira pukul 10.00 wib, Jum’at (29/06/2018) di Dusun Plalangan, Desa Gunung Maddah, Sampang, dua lahan kayu jati hangus terbakar.


Berdasarkan informasi yang dihimpun regamedianews.com, kejadian tersebut terjadi saat warga setempat menyalakan api dengan niat membakar sampah di lahan miliknya sendiri agar lahannya terlihat bersih. Namun nahasnya api tersebut merembet ke lahan kayu jati milik orang lain yakni milik H. Mawi warga Dusun Plalangan, Desa Gunung Maddah, Sampang.

“Kejadian kebakaran lahan itu terjadi berawal dari tetangga yang ingin membersihkan lahannya dengan cara membakar tumpukan sampah ranting dan daun kering lalu ditinggalnya. Namun karena dampak angin yang kencang, api merembet kelahan milik orang tua saya,” ujar Moh. Mahrus putra dari H. Mawi.

Lebih lanjut Mahrus mengungkapkan, akibat dari rembetan api tersebut dua lahan kayu jati milik orang tuanya hangus terbakar, bahkan tumpukan kayu yang siap dipergunakan untuk membuat rumah juga jadi sasaran hingga tidak tersisa. Menurutnya, ditaksir kerugian sekitar 40 juta rupiah.

“Untung saja saat kejadian kebakaran itu diketahui oleh tetangga dan spontan mengambil tindakan menyiram api dengan alat seadanya, agar api tidak semakin membesar dan merembet ke rumah warga yang lain. Atas kejadian ini di imbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati dalam menyalakan atau menggunakan api,” ungkapnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here