Warga Pati Temukan Jenazah Masih Utuh Saat Gali Kuburan

0
549

Pati, (regamedianews.com) – Tepatnya di Desa Sitimulyo, Kecamatan Puncak Wangi, Kabupaten Pati, warga setempat dihebohkan dengan adanya temuan jenazah dengan kondisi tubuh dan kain kafan masih utuh saat menggali kuburan di area pemakaman Waliyullah Raden Surowijoyo Rahmad, Rabu (04/07/2018) kemarin.


Hartono, juru kunci makam menceritakan, jenazah yang utuh tersebut ditemuakan saat warga Desa Sitimulyo hendak menggali lubang kuburan untuk jenasah warga yang baru meninggal dunia.

“Kurang lebih sedalam 1,5 meter, penggali tersebut kaget setelah melihat ada jenazah yang masih utuh baik itu kain kafan dan tubuh jenasah,” ujarnya, Kamis (05/07).

Lebih lanjut Hartono menceritakan, maka warga sepakat agar tidak diteruskan penggalian dan pindah disebelahnya. Namun, hasil temuan tersebut diberitahukan kepada para tokoh adat dan tokoh agama desa setempat. 

“Usut punya usut, ternyata makam itu adalah makam Raden Surowijoyo Rahmad dengan sebutan Mbah Utuh (Kakek yang utuh, red),” ungkapnya.

Sekedar diketahui, saat ini makam tersebut direnovasi dari dana swadaya warga dan para donatur yang sering berziarah, agar sekaligus menjadi rapi serta menambah data cagar budaya Kabupaten Pati, termasuk makam Pangeran Benowo yang masih satu wilayah di Kecamatan Puncak Wangi. (PN/mh/ipl)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here