Mahasiswa UTM Berbagi Ilmu Baru Pada PKK Desa Ragung Sampang

0
341

Sampang, (regamedianews.com) – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan kembali kembangkan hasil tambak menjadi produk unggulan. Hal tersebut ditunjukkan pada Minggu kedua kelompok 67 KKN UTM.


Produk unggulan ditunjukkan saat melaksanakan kegiatan pelatihan produk unggulan krupuk emping ikan bandeng kepada kelompok ibu PKK di Balai Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Rabu (25/07/2018) kemarin.

Kordinator Desa, Samian mengatakan, langkah mengembangkan produk unggulan desa dimulai dengan mengidentifikasi potensi desa merancang kemasan dan mencari peluang.

“Salah satunya potensi Desa Ragung ini adalah ikan bandeng, sehingga kami mencoba mengolah ikan bandeng menjadi krupuk emping ikan bandeng yang menarik sehingga ada nilai lebih,” terangnya, Kamis (26/07).

Oleh karena itu, lanjut Saiman, ia komitmen dengan mengadakan pelatihan pembuatan krupuk emping ini, bahan dasarnya ikan bandeng kepada ibu PKK dengan mengelola potensi desa dan memberdayakannya dengan produk unggulan yang berkelanjutan.

“Kami berkomitment untuk mengadakan pelatihan membuat krupuk emping dengan bahan dasar memakai ikan bandeng, kami tunjukan cara pembuatannya kepada ibu PKK desa setempat,” ujar pria yang kerap dipanggil Cak Sam.

Sementara Ketua Ibu PKK, Aidah mengatakan, pada acara pelatihan pembuatan krupuk emping ikan bandeng ini adalah produk dan pengalaman baru yang bagus selama berada di desa ini. Sebelumnya, belum pernah ada konsep dalam pembuatan krupuk, emping seperti ini fan menjadi hal inovatif.

“Harapan kami nanti akan kami lanjutkan bersama ibu-ibu PKK dalam pembuatan krupuk emping, sehingga dapat memberdayakan ibu PKK dan dapat nilai ekonomis, serta dibantu rekan-rekan mahasiswa dalam pemasaran secara online,” pungkasnya. (linda/dio/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here