Antisipasi Terjadinya Bencana, BPBD Sumenep Bentuk Destana

0
270
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi.

Sumenep, (regamedianews.com) – Memasuki musim penghujan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan akibat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep sudah membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Baca juga BPBD Pamekasan Akui Belum Sepenuhnya Kantongi Data Kekeringan


“Pembentukan Destana itu, khususnya di daerah-daerah yang memang memiliki potensi rawan bencana. Kami sudah memetakan daerah mana yang kerap terjadi bencana saat musim hujan,” kata Kepala BPBD Sumenep Abd. Rahman Riadi, Jum’at (09/11/2018).

Dengan terbentuknya desa tangguh bencana tersebut, lanjut Rahman, diharapkan desa mampu melakukan langkah-langkah sejak dini mengantisipasi dampak bencana. Misalnya cara melakukan evakuasi dan sebagainya.

Baca juga Antisipasi Kekeringan di Sumenep Meluas, BPBD Terus Lakukan Droping Air Bersih

“Di masa peralihan musim dari kemarau ke penghujan, bencana yang harus diwaspadai betul ialah terjadinya angin puting beliung,” imbuhnya.

Rahman juga menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya ada pohon rapuh atau berpotensi mudah tumbang, agar dilakukan penebangan atau pemotongan terhadap ranting atau dahannya, supaya tidak terjadi suatu hal tidak diinginkan. (gus)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here