Gali Ide Kreatif, Disporabudpar Sampang Gelar Festival Desain Batik Kontemporer 2018

0
514
Suasan pembukaan acara batik kontemporer

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang ke 395, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang menggelar Festival Desain Batik Sampang kontemporer 2018 di Gedung Kesenian, Jl. Wijaya Kusuma, Sampang pada Rabu, (12/12).

Disporabudpar Kabupaten Sampang mengajak 56 peserta yang berasal dari kalangan pelajar tingkat SD hingga SMA sederajat tersebar di 14 Kecamatan Sampang guna merancang motif batik khas budaya Madura.


Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang H. Aji Waluyo mengatakan,  tujuan di adakan pagelaran merancang motif batik itu, selain menggali ide kreatif pelajar juga ingin meningkatkan kecintaan dan kepedulian siswa terhadap pelestarian budaya batik.

Baca juga Presiden RI Ajak Masyarakat Teguhkan Semangat Lahirnya Pancasila

“Tujuan di gelarnya festival desain batik kontemporer 2018 ini untuk menggali potensi ide kreatif di kalangan pelajar mulai tingkat SD hingga SMA sederajat yang ada Di Kabupaten Sampang,” Katanya.

Selain itu, H. Aji Waluyo mengatakan, bahwa guna meningkatkan promosi batik khususnya batik bernuansa kearifan lokal yang semakin luas di kenal baik tingkat nasional maupun internasional.

“Sebagai ajang promosi batik khususnya batik bernuansa kearifan lokal lebih meningkat dan di kenal di tingkat nasional maupun internasional,” Ujarnya.

suasana pelatihan batik kontemporer yang dilaksanakan oleh Disporabudpar Sampang

H. Aji Waluyo menerangkan, karena batik sebagai warisan dunia juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan apresiasi masyarakat terhadap nilai-nalai sejarah dan budaya daerah.

“Untuk memupuk rasa cinta, bangga terhadap pendiri dan tokoh Kabupaten Sampang, serta mendorong masyarakat lebih mencintai dan ikut berperan serta melestarikan budaya daerah sebagai suatu kearifan lokal,” Terang Aji

Aji Waluyo berharap, festival desain Batik Sampang kontemporer 2018 dapat meningkatkan persatuan dan kesejahteraan masyarakat Sampang.

Baca juga PRESIDEN JOKOWI BANGGA TERHADAP PRESTASI MUSA,HAFIDZ CILIK INDONESIA

“Kegiatan ini semoga dapat meningkatkan persatuan dan kemampuan serta kesejahteraan bagi masyarakat Sampang,” Harapnya.

Hadir dalam festival desain Batik Sampang kontemporer 2018 ini, Pj Bupati Sampang, Kepala OPD, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sampang, Juri, Guru Pembina dan sebanyak 56 peserta dari kalangan pelajar tingkat SD hingga SMA sederajat. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here