KKN Kelompok 65 Mahasiswa UTM Mengolah Kreasi Baru Jagung Menjadi “Ice Cream Cronis”

0
350
KKN kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Bangkalan, (regamedianews.com) – Jagung adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan dan diolah dengan berbagai macam kreasi makanan yang menarik. Jagung juga sumber karbohidrat atau tenaga sedangkan sayuran sumber vitamin A dan C,sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak, remaja sampai orang dewasa.

Ternyata selain dijadikan sebagai sayuran, jagung juga dapat dijadikan sebagai ice cream dan corn cookies “Ice Cream Cronis”, seperti kreasi baru olahan mahasiswi KKN kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kamis (10/01/2019).

Wahyu Ramadhany Dwi Shafa selaku kordes mengatakan, pelatihan KKN tersebut diadakan di dua dusun yaitu Dusun Semuangan dan Dusun Gili, Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal, Bangkalan. Kelompoknya menyajikan nuansa baru dengan adanya olahan jagung.

“Jagung yang awalnya hanya diolah sebagai sayuran biasa dan juga sebagai makanan hewan ternak, namun sekarang jagung bisa disajikan sebagai olahan yang menjadi favorit orang-orang,” terangnya.

Wahyu menjelaskan, tujuan dari diadakannya pelatihan tersebut adalah guna mengembangkan usaha lebih kreatif dan inovatif sehingga meningkatkan ekonomi para ibu-ibu masyarakat Gili Barat, untuk mengolah hasil taninya yang mayoritas masyarakatnya merupakan petani.

Sementara Dwi Fatmawati selaku pembuat ice cream jagung menjelaskan, olahan ini guna meningkatkan nilai ekonomis jagung, biasanya hanya dibuat sebagai sayuran biasa dan makanan ternak.

Intan Yulistina selaku pembuat olahan cookies jagung juga menjelaskan, olahan ini juga untuk memberdayaan masyarakat dan upaya mengembangkan ekonomi kreatif dan inovatif.

“Harapan kami dari KKN klompok 65, semoga dengan adanya pelatihan ini, akan meningkatkan potensi hasil pertanian terutama dalam mengelolah jagung,” pungkasnya. (sbd/rkz/sfn/fik)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here