KKN 71 UTM Bersama Masyarakat Sosialisasi Tentang Pengelolaan Sampah

0
154
Saat berlangsungnya KKN kelompok 71 UTM bersama masyarakat sosialisasikan tentang pengelolaan sampah.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ketetang, Kwanyar, Bangkalan. KKN 71 UTM (Universitas Trunojoyo Madura) mengajak warga desa setempat, untuk peduli akan sampah yang merupakan permasalahan sehari-hari.

Tapi berbeda, di Dusun Kauman, Desa Ketetang, Kwanyar. Masyarakat setempat tingkat kesadaran akan sampah sangat tinggi. Terlihat dari lingkungan dusun yang tidak ada sampah berserakan, membuat dusun tersebut terlihat bersih dan asri.

Rasa kepedulian warga Kauman akan sampah yang tinggi membuat dusun tersebut bebas dari masalah sampah.
Bukti nyata dari rasa kepedulian warga terkait sampah yaitu adanya Bank Sampah.

Para warga memilah sampah basah dan sampah kering, kemudian dilanjutkan oleh penjaga kebersihan yang bertugas mengambil sampah untuk diolah di bank sampah. Beberapa sampah kering yang masih layak dijual, oleh penjaga kebersihan, sisanya dibakar.

KKN 71 UTM mempunyai misi sama dengan Dusun Kauman, yaitu dalam hal kebersihan dan kesehatan. Kelompok KKN 71 UTM mengadakan program kerja yaitu sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah, Minggu (27/01/2019).

“Kami berharap setelah diadakannya sosialisasi ini, warga lebih peduli tentang pemilahan sampah kering dan basah, karena belum semua warga peduli akan hal tersebut dan pengelolaan sampah lebih meningkat lagi,” ungkap Nasruddin, salah satu pengelola bank sampah.

Sementara Moh Sehri selaku Kordinator Desa mengatakan, acara yang diadakan oleh mahasiswa KKN 71 UTM, dihadiri oleh perangkat desa dan warga yang antusias, dalam mendengarkan materi yang dipaparkan mengenai pemilahan dan pengolahan sampah.

“Terlebih dengan proses tanya jawab dan berbagi informasi mengenai upaya apa saja yang bisa dilakukan diri sendiri dalam mengurangi sampah rumah tangga.
Tidak hanya sosialisasi, kami juga melaksanakan controling, bentuk dari output sosialisi ini,” jelasnya.

Anida Choiriyah, penanggung jawab acara sosialisasi tersebut mengharapkan kepada karang taruna Dusun Kauman untuk melanjutkan proses controlling, agar ketika masa KKN berakhir, warga masih terkontrol mengenai pemilahan sampah. (rkz/sbd/sfn/fik)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here