Intensitas Hujan Tinggi, 2 Desa di Arosbaya Bangkalan Terendam Banjir

0
334
Terlihat ketinggian genangan air menutupi lutut warga.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bangkalan mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir.

Informasi yang diperoleh regamedianews.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan terdapat 8 Dusun di 2 Desa Kecamatan Arosbaya terendam banjir, Senin (28/01/2019).


Kepala BPBD Kabupaten Bangkalan Rizal Morris mengatakan, di sejumlah akses jalan raya juga terendam banjir, sehingga mengakibatkan arus lalulintas kendaraan roda dua maupun roda empat terganggu dan tidak jarang para pengendara yang nekat menerobos banyak mogok.

“Dusun yang terdampak banjir saat ini adalah Dusun Pandian, Dusun Ngantemoran, Dusun Renguleng, Dusun Segeran, Dusun Bunalas, Dusun Lebak dan Dusun Mor lorong Desa Arosbaya serta Dusun Tak anyar Desa Buduran,” katanya.

Ia juga menjelaskan, faktor terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Arosbaya tersebut berasal kiriman dari wilayah Kecamatan Geger yang menyebabkan banjir luapan sungai Tambangan Arosbaya dengan ketinggian 50 cm sampai 1 meter.

“Yang terkena dampak sekitar 600 KK terendam yang ada di 8 Dusun, juga jalan air mata ebu, kantor Kecamatan Arosbaya, akses jalan menuju ke Kecamatan Geger yang mengakibatkan arus lalulintas macet,” ujarnya.

Selain itu Rizal juga menambahkan, selama banjir terjadi tidak ada korban, hanya sebagian hewan peliharaan masyarakat terbawa arus sungai, dan upaya dari tim TRC BPBD berserta personel Polsek Arosbaya, Koramil Arosbaya dan masyarakat melakukan pengaturan arus lalulintas dikerenakan terjadi kemacetan.

“Selain itu kami melakukan monitoring ketinggian air setiap jam, serta berkoordinasi dengan instansi terkait dan memberikan bantuan darurat berupa paket lauk pauk untuk didistribusikan ke korban terdampak banjir,” pungkasnya. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here