Gelar Pelatihan Kapasitas SDM, Panwascam Bangkalan Harus Siap Mengawasi Kampanye dan Masa Tenang

0
282
Anggota Bawaslu RI divisi Sengketa Rahmad Bahzar

Bangkalan, (regamedianews.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) dan Sekretariatan se-Kabupaten Bangkalan di Hotel Ningrat, Bangkalan, Madura, Selasa (29/01/2019).

Menurut Anggota Bawaslu RI Divisi Sengketa, Rahmad Bahzar mengatakan, hari ini Bawaslu Bangkalan menggelar pelatihan kepada anggota Panwascam dalam rangka menjelang pemilu 17 April mendatang, guna untuk mempersiapkan segala kebutuhan pemilu.


“Dengan menggelar pelatihan peningkatan SDM kepada Panwascam se-Kabupaten Bangkalan, mengingat pemilu mulai hari ini tinggal 77 hari lagi pemilu akan dilaksanakan,” ujarnya.

Kehadirannya ke Bawaslu Bangkalan, lanjut Rahmad, pihaknya berharap Panwascam Kabupaten Bangkalan siap untuk mengawasi masa kampanye dan masa tenang.

“Apalagi untuk melakukan pelatihan saksi di TPS yang akan dilakukan oleh teman-teman Panwascam dan juga pelatihan pengawas di TPS,” tukasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa yang penting untuk anggota Panwascam adalah penguatan pengetahuan tentang Undang-Undang Bawaslu.

“Kemudian bagaimaan mengawasi permasalahan-permasalahan yang ada dikampanye, persiapan masa tenang, persiapan untuk mengawasi money politik, shif pengawasan agar kantor panwas dalam satu minggu tetap aktif,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menambahkan, ia berencana adakan shif pengawasan dan akan di bentuk secara bergelombang, kemungkinan satu hari satu orang dan ada video tutorial yang akan diberikan kepada saksi.

“Pelatihan saksi hanya baru kali ini dilakukan oleh Panwaslu. Kami harap saksi yang dikirimkan oleh saksi yang mengawasi di TPS, jangan sampai berbeda, kita latih orangnya, kemudian ketika di TPS orangnya berbeda dan ini nanti akan merepotkan kita,” paparnya.(sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here