Kementerian ESDM Pusatkan Penyerahan Sumur Bor di Madura di Kabupaten Sampang

0
456
Pose bersama pejabat Kementrian ESDM bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat (urutan kedua dari kanan) dan Wakil Bupati Pamekasan Raja'e (urutan ketiga dari kanan).

Sampang, (regamedianews.com) – Bantuan sumur bor se Madura diserahkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),  Mohammad Hendrasto dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat kepada warga di Desa Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Kamis (28/02/2019).

Penyerahan sumur bor terletak di 3 Kabupaten ini yakni, Sampang, Bangkalan dan Pamekasan, dipusatkan di lokasi sumur bor Desa Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Penyerahan tersebut turut dihadiri pejabat Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Pamekasan serta masyarakat Desa Temoran.


Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara, Ir. Muhamad Hendrasto, M.Sc. mengatakan, penyerahan sumur bor air bersih itu merupakan Program Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tahun anggaran 2018 di wilayah Provinsi Jawa Timur. Penyerahan itu menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018, dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Penyerahan ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yakni pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam”, terangnya.

Ia mengungkapkan, beberapa daerah di wilayah Provinsi Jawa Timur masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya. Pada Tahun 2018 Kementerian ESDM telah menganggarkan sebanyak 506 unit sumur bor yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Diantaranya adalah 4 unit sumur bor di Provinsi Jawa Timur  yakni, Desa Temoran, Kecamatan Omben, Desa Tambaan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang,
Desa Alas Kembang, Kecamatan Burneh Barat, Kabupaten Bangkalan dan Desa Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan”, ujarnya.

Muhammad Hendrasto menmbahkan, bahwa anggaran pembangunan empat sumur bor tersebut mencapai 1,6 Milyar rupiah.

“Dari anggran Rp. 1,6 milyar ini dengan spesifikasi yakni, Kedalaman: 70 s/d 100 m, Pompaselam: 2,99 PK, Pembangkit Genset: 10k, Reservoir (bak penampung) 5000 L, Bangunan Rumah Genset 1 Unit, Debit rata-rata 1,6liter/detik dan Kapasitas layanan setiap sumur bor mencapai 2360 jiwa”, pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat khususnya bidang Kementerian ESDM yang telah ikut serta pengentasan air bersih melalui pengeboran.

“Kami ucapkan terimakasih banyak atas bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM”, kata H. Abdullah Hidayat.

Ia berharap kepada pihak Kementerian ESDM kedepan Kabupaten Sampang selain mengatasi kesulitan air bersih juga bisa dibantu solusi mengatasi banjir yang kerab terjada saat musim hujan.

“Semoga kedepan bantuan serupa ini terus bertambah, hingga masyarakat Sampang makmur dan jaya serta sejahtera air bersih melalui sumur bor ini. Selain itu mudah-mudahan juga ikut serta membantu solusi mengatasi banjir di Sampang”, pungkasnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here