Gelar Wisuda Ke 25, UTM Akan Tingkatkan Kompetensi Lulusan

0
502
Suasana pelaksanaan Wisuda ke XXV Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan, (regamedianews.com) – Rapat Terbuka Senat Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam rangka pelaksanaan Wisuda ke XXV Program Magister Sarjana dan Diploma semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019, bertempat di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura, Sabtu (30/03/2019).

Pelaksanaan acara Wisuda itu diikuti 692 orang wisudawan-wisudawati yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis 158 orang, Fakultas Teknik 119 orang, Fakultas Keislaman 49, Fakultas Pertanian 61 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan budaya 78 orang, dan Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 106 orang, dan Fakultas Hukum 121 orang.


Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Muh. Syarif mengatakan, skill keterampilan atau kompetensi lulusan UTM akan terus ditingkatkan. Menurutnya, tantangan kedepan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 kedepan akan semakin terus kompleks. Oleh karna itu, kemampuan lulusan UTM ketika sudah memasuki dunia kerja sudah siap bersaing.

“Memang sudah jelas kedepan kompetensi atau skill keterampilan harus menjadi bagian dari kelulusan. Maka dari itu, sudah kami tekankan dan menugaskan semua dekan untuk membuat skema-skema kompetensi, guna menjadi bagian peningkatan kualitas skill lulusan yang akan datang”, tuturnya.

Pihaknya berharap skema ini secepatnya terealisasi dan sudah diterima awal bulan nanti. “Jadi setiap program studi itu harus mempunyai komptensi sehingga lulusan-lulusan setiap program studi sudah mempunyai kompetensi atau skill keterampilan”, ujarnya.

Sementara itu, dirinya menjelaskan untuk dosen dalam rangka pengembangan kualitasnya sudah di anggarkan, kurang lebih senilai 6 miliar untuk kegiatan riset dan pengabdian, karena kaitannya dengan pengembangan dosen berbasis kepada kinerja.

“Makanya tahun ini kita akan terus berusaha agar pimpinan fakultas segera merencanakan skem-skema komptensi ini. Kemudian nanti akan kami kirimkan ke Badan Nasioanal Sertifikasi Komptensi. Kami juga berharap nanti ada bantuan dari BNSP, karena anggaran disana juga ada untuk komptensi lulusan ini”, terangnya.

Muh. Syarif juga mengatakan, bekal kepada seluruh Wisudawan memang kedepannya proses peningkatan skill dan keterampilan, karena memang untuk lulusan S1 di UTM presentase keterampilan harus meningkat. Ia berharap, lulusan UTM mampu mengaplikasi segala bidang Keilmuannya kepada Masyarakat.

“Saya berharap semoga lulusan UTM menjadi lulusan yang memiliki karakter, mempunyai keterampilan dan betul-betul bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk membantu pembangunan negara dalam meningkatkan kualitas SDM”, pungkasnya. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here