Pacu Gairah Minat Baca, Pemkab Bangkalan Gelar Lomba Cerita Tingkat SD dan MI

0
339
Saat berlangsungnya pagelaran lomba cerita tingkat SD dan MI.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berlangsung dilaksanakan selama 2 hari (10/11) dilantai 4 Gedung Aula Ngudia Husada Bangkalan, Rabu (10/04/2019).

Latar belakang digelarnya lomba cerita tingkat SD dan MI tersebut dalam rangka menanamkan sejak dini gairah membaca. Pasalnya, peradaban literasi di Kabupaten Bangkalan sangat rendah dan kurangnya minat generasi muda yang bergelut di dunia literasi. Problem ini menjadi tanggung jawab besar bagi pemerintah setempat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangkalan Yulianto melalui Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemeran Membaca, Yuyun F Novela menyampaikan, acara lomba bercerita tingkat SD dan MI ini merupakan agenda rutin dari dinas perpustakaan dan kearsipan yang dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan minat baca di Bangkalan.

“Acara ini juga berantai, nanti yang juara satu akan dikirim mengikuti lomba tingkat Provinsi dan kemudian tingkat nasional”, tuturnya.

Menurutnya, setiap kecamatan di Kabupaten Bangkalan mengirim delegasi mengikuti lomba cerita. Dan memang peserta yang mengikuti lomba ini sudah melalui tahap-tahap penyeleksian dari tingkat daerah, Kecamatan dan Kabupaten. Pihaknya menambahkan anggaran kegiatan lomba tersebut terbatas, namun saat ditanya besar anggarannya, dirinya tidak menyebutkan. sehingga menurutnya, peserta lomba juga dibatasi.

“Anggarannya terbatas, jadi tidak semua SD dan MI kita undang. Dari perkecamatan kami hanya ambil beberapa orang saja. Hingga jumlah peserta kami genapkan ambil 100 peserta”, terangnya. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here