Bawaslu Bangkalan Operasi Besar -Besaran Turunkan Paksa APK

0
279
Anggota Bawaslu Bangkalan saat menertibkan APK yang masih terpangpang di pinggir jalan kota Bangkalan

Bangkalan, (regamedianews.com) – Dalam masa tenang, Bawaslu Kabupaten Bangkalan melakukan operasi besar-besaran melibatkan penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, TNI-Polri dan didukung dari Pemkab Bangkalan menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK)  yang masih terpampang disepanjang jalan di wilayah Bangkalan, Senin (15/04/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan Ahmad Mustain Sholeh mengatakan, operasi penurunan APK ini di bagi dua tim, satu tim ke utara daerah kota dan ke Arosbaya, tim satunya ke selatan dan timur, untuk tim yang ketimur menyisir sepanjang Jalan Tangkel sampai ke Labang hingga akses Suramadu.

“Penurunan APK ini kami melibatkan semua instansi terkait, karna ini merupakan kepentingan bersama penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, TNI-Polri dan didukung dari Pemkab meliputi Satpol PP, Dishub, dan perijinan. Tujuannya, agar sama sama tahu hasil evaluasi selama dua ini terkait penurunan APK”, tuturnya kepada awak media di Hotel Ningrat.

Ia juga mengatakan, sekedar diketahui memasuki hari tenang kemarin, sebenarnya teman-teman pengawas mulai dari Desa sampai Kecamatan sudah banyak melakukan penurunan APK, namun ada beberapa yang agak sulit diturunkan seperti Bilbod, karena itu membutuhkan alat dan membutuhkan keahlian khusus.

“Kita juga sudah rapat koordinasi dengan perijinan, bahwa penurunan APK ini tugas dari pihak ketiga tapi buktinya sampai hari ini kita tahu sendiri. Maka dari itu, kita akan evaluasi bersama, begitupun dari perijinan”, ujarnya.

Ia menuturkan, minimal meminta dari pihak ketiga karna pihak ketiga ini juga mendapat keuntungan, ketika masa tenang seperti sekarang tidak mau menurunkan dan dipasrahkan kepada pihaknya, inikan tidak seimbang.

“Tapi mau bagaimana lagi, kita biarkan juga tidak bagus untuk klaim pesta demokrasi kita dan terpaksalah harus kita sinergi bersama untuk membongkar paksa Bilbod Bilbod ini”, imbuhnya.

Mustain juga menghimbau kepada seluruh pengawas agar terus memantau mulai dari Desa-Desa untuk membersihkan APK-APK yang masih terpasang dijalan-jalan, hingga pelaksaan pemilu nanti selesai.

“Dan kami juga himbau kepada para Caleg terutama kepada ketua partainya agar menyadari. Kami juga telah inbox kepada beberapa ketua partainya agar sadarlah, ayuk kita sama-sama menang secara martabatlah. Seharusnya, mereka mempunyai kesadaran yang tinggi dan juga kita telah memperingatkan kepada Caleg-Calegnya dan pemilik pendornya, agar APKnya diturunkan. Jadi, yang tidak diturunkan ini bagian yang mokong – mokong”, pungkasnya. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here