Daerah  

30 Tukang Bangkalan Uji Kompetensi Tenaga Terampil Bidang Jasa Kontruksi

Suasana antusias para tukang saat mengikuti uji kompetensi.

Bangkalan, (regamedianews.com) РDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang Jasa Kontruksi  melaksanakan kegiatan Pelatihan Uji Kompetensi Tenaga Terampil Bidang Jasa Kontruksi di Balai Diklat Bangkalan Jl. Soekarno Hatta No.38, Wr 05, Mlajah Bangkalan, Madura, Selasa (30/04/2019).

Pelaksanaan uji kompetensi itu digelar selama 2 hari secara bertahap dengan estimasi 30 peserta tukang di Kabupaten Bangkalan. Hari pertama tukang tersebut menerima pelatihan secara detail dari Balai Jasa Kontruksi Wilayah IV Surabaya dan hari kedua para peserta mengikuti ujian kompetensi tukang.

Menurut Balai Jasa Kontruksi Wilayah IV Surabaya, Yanto mengatakan, kegiatan pelatihan dan uji kompetensi tidak lain hanya menjalankan amanat undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa kontruksi. Menurutnya, didalam undang-undang itu setiap tenaga kerja harus bersetifikat.

“Didalam pasal 2 tersebut salah satunya setiap tenaga kerja wajib bersetifikat, Kemudian ayat kedua setiap penyedia pengguna jasa wajib menggunakan tenaga kerja yang bersertifikat”, ujarya.

Sementara itu, Kepala Bidang Jasa Kontruksi Kabupaten Bangkalan menyampaikan, kegiatan itu merupakan kegiatan pertama dilaksanakan dalam rangka pelatihan dan uji kompetensi tenaga terampil kontruksi tahun 2019 untuk Kabupaten Bangkalan. “Pesertanya ini berjumlah 30 orang dan kita ambil 11 spesikasi tukang bangunan umum”, tuturnya.

Menurutnya, tujuan dari pelatihan dan uji kompetensi itu guna menciptakan tukang yang kompetetif, berdaya saing dan terampil. Karna menurutnya, pergolakan dan persaingan kedepan bakal banyak tenaga kerja yang tak ayal, bukan hanya tukang lokal akan tetapi bisa jadi tukang dari luar akan keluar masuk sehinga untuk bisa berdaya saing kita melaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang mana satu hari kita laksanakan pelatihannya di balai diklat dan hari kedua kita laksanakan ujiannya di area makam pahlawan, nanti 30 orang peserta pelatihan tersebut akan mendapat sertifikat”, tandasnya. (sfn/tfk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..