Mini Job Market Fair 2019 Diserbu Warga Pencaker

0
229
Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Haris Susianto (kanan) saat kunjungi stan kegiatan.

Blitar, (regamedianews.com) – Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Jl. Imam Bonjol no. 07 Sanawetan Kota Blitar, Senin (17/06/2019), dipadati Para pencari kerja (Pencaker) yang datang dari berbagai wilayah sekitar Blitar untuk mengikuti Mini Job Market Fair 2019 yang digelar Disnaker Kab. Blitar.

Para pencaker nampak antusias mengikuti pembukaan Mini Job Market Fair 2019 yang dibuka oleh Bupati Blitar Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Blitar, Akhmad Husain.


Baca juga Pemkot Bandung Bertekad Tekan Angka Pengangguran

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Haris Susianto mengatakan, acara Mini Job Market Fair 2019 ini bertujuan untuk mempertemukan tenaga kerja atau para pencari kerja dengan pemberi kerja.

Dalam hal ini yaitu pengguna atau perusahaan, sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya, sedangkan pemberi kerja atau perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Diharapkan jumlah lowongan kerja yang tersedia bisa terserap atau terisi semua oleh pencari kerja yang telah hadir pada kesempatan ini”, kata Haris Susianto, Senin (17/06).

Haris mengungkapkan, perusahaan penyedia tenaga kerja ini kurang lebih sebanyak 35 perusahaan lokal Blitar maupun luar daerah yang bergerak di sektor usaha pertanian, pertambangan, perindustrian, perdagangan, bangunan, perhubungan, keuangan, serta sektor jasa lainnya.

“Sedikitnya ada 1000 lowongan kerja dalam kesempatan ini, dan pada tahun ini job fair diselenggarakan sebanyak 4 kali, yang mini digelar 3 kali dan yang terakhir nanti pada September akan digelar job fair yang reguler”, ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Blitar Akhmad Husain, mengatakan ini adalah sebuah program yang dilaksanakan oleh Disnaker, program ini menjadi program reguler dimana setiap tahun Disnaker membuka peluang kesempatan kerja kepada para pencari kerja.

Baca juga Musrenbang RKPD Kota Cimahi 2019, Ajay M Priatna: Ada Empat Kegiatan Yang Di Prioritaskan

“Kegiatan ini sangat strategis, populer dan sangat menarik, karena menjadi dambaan setiap masyarakat yang lagi menganggur, sehingga diharapkan pengangguran yang menjadi persoalan itu, paling tidak terpecahkan melalui kegiatan Job Fair, dan berharap semua lowongan pekerjaan yang telah tersedia bisa terserap semuanya”, kata Akhmad Husain disela-sela mengunjungi stan job fair, Senin (17/06).

Ditambahkannya, tiap tahun lulusan dari sekolah tingkat SLTA maupun perguruan tinggi cukup banyak tingkat kelulusannya, dan tidak sebanding dengan tersedianya pembukaan lapangan kerja oleh perusahaan.

“Sebagai antisipasi kita selenggarakan job fair ini, dengan mengundang perusahaan dari lokal maupun dari luar daerah, dalam rangka mempertemukan pihak perusahaan dengan para pencari kerja, sesuai dengan minat bakatnya, dan perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan,” tuturnya. (mst)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here