4 Hektar Lahan Tebu Di Jaken Pati Dilalap Si Jago Merah

0
278
Anggota Koramil 16/Jaken mencoba memadamkan api yang melalap lahan tebu.

Pati, (regamedianews.com) – Lahan tebu, seluas 4 hektar di Desa Mojoluhur, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati kembali terbakar setelah beberapa hari yang lalu telah terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Margorejo, lahan milik Rini setyowati yang juga menjabat sebagai Sekdes di Desa Mojoluhur, di perkirakan sebentar lagi memasuki masa siap panen, Kamis (27/06/2019).

Kades Mojoluhur G. Sumarsono melihat ada asap mengepul yang berasal dari lahan tebu yang berada disebelah barat balai Desa Mojoluhur. Kemudian, pihaknya segera mendatangi lokasi kebakaran dan menghubungi Dinas PMK Kabupaten Pati untuk mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas.


Baca juga Si Jago Merah Ngamuk di Kayen Pati

Di tengah menunggu Tim PMK datang, Peltu Saryanto bersama anggota Koramil 16/jaken, Polsek dan masyarakat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, untuk melokalisir agar api tidak merambah ke area perkebunan yang lain.

“Cuaca yang panas disertai bertiupnya angin makin mempersulit upaya pemadaman, dengan keterbatasan alat kami tetap terus berusaha bersama perangkat dan warga kami untuk memadamkan sambil menunggu kedatangan tim pemadam kebakaran dari Pati”, ungkap Saryanto.

Tidak begitu lama empat unit kendaraan pemadam kebakaran berasal dari PMK Kabupaten Pati sampai di Desa Mojoluhur, namun tidak dapat menjangkau ke lokasi kebakaran dikarenakan jarak dari jalan menuju ke lokasi kebakaran cukup jauh yang berada ditengah lahan persawahan. Sehingga keempat kendaraan pemadam kebakaran hanya stanby di jalan desa untuk mengantisipasi meluasnya api.

Baca juga Sijago Merah Amuk Pasar Waru Barat Pamekasan

Dalam kebakaran tersebut korban pemilik lahan tebu Rini Setyowati yang juga selaku Sekdes Desa Mojoluhur diperkirakan menderita kerugian ditaksir 131 juta rupiah. Sedangkan sumber api diperkirakan karena puntung rokok yang dibuang sembarangan. (ipl)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here