HUT Bhayangkara Ke 73, Desa Jrangoan Raih Juara 1 Lomba Pos Kamling

0
512
Kepala Desa Jrangoan H. Ali Mustofa (urutan kedua dari kiri) didampingi Kabag Ops Polres Sampang (Kompol Sulardi) dan Kasat Binmas Polres Sampang (AKP Heri Darsono) saat menerima piala dan piagam penghargaan juara 1 lomba pos kamling.

Sampang, (regamedianews.com) – Berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia dalam memeriahkan Haru Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 73. Salah satunya seperti yang dimeriahkan oleh Kepolisian Resort (Polres Sampang) dengan mengadakan berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba Pos Keamanan Keliling (Kamling) yang tidak jauh dari Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Dalam hal ini Siskamling adalah merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat, yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan, serta menangkal bentuk-bentuk ancaman, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).


Baca juga HUT Bhayangkara Ke-73, Polres Blitar Gelar Bhakti Kepolisian

Desa Jrangoan, salah satu desa yang mewakili 20 desa se-Kecamatan Omben, dengan meraih juara 1 perlombaan Pos Kamling, patut diapresiasi serta patut ditiru oleh desa-desa yang lainnya. Mengingat dalam perlombaan Pos Kamling tersebut tidak hanya diikuti oleh beberapa kecamatan, melainkan 14 Kecamatan dengan sebanyak 186 desa yang ada di Kabupaten Sampang.

Kepala Desa Jrangoan H. Ali Mustofa mengatakan, dengan adanya dan diraihnya juara pertama dalam perlombaan Pos Kamling yang tidak luput dari Siskamling, pihaknya melakukan pendekatan-pendekatan sosial, sehingga menumbuh kembangkan sikap mental.

“Selain itu, juga serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan. Saya juga berharap agar terwujud kesadaran warga di lingkungannya, dalam penanggulangan terhadap timbulnya gangguang Kamtibmas maupun kejadian-kajadian yang tidak diinginkan”, ujar pria yang kerab disapa H. Tofa ini.

Tak hanya itu, lanjut H. Tofa, juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat setempat, yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Siskamling itu sendiri. Dan meningkatkan rasa kebersamaan antar sesama kampung dengan kampung lainnya, khususnya masyarakat Desa Jrangoan dan sekitarnya.

Baca juga Semarak HUT Bhayangkara Ke 73, Polres Bangkalan Bagikan Makanan Gratis

“Setelah memperoleh juara satu ini, saya berharap Pos Kamling di Desa Jrangoan, dapat terus aktif, semakin aman dan nyaman, serta diharapkan masyarakat juga turut membantu petugas dalam melaksanakan tugasnya, karena keamanan dan kenyamanan lingkungan merupakan buah pekerjaan bersama”, ungkapnya.

H. Tofa juga mengucapkan ‘Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang Ke 73’, semoga menjadi lebih baik, karena tantangan kali ini bukan hanya perkara lawan yang dihadapi, melainkan tantangan tersendiri sebagai penegak hukum yang jujur. “Dan tunjukkan bahwa sanya hukum tidak bisa di interfensi dan juga tidak bisa dibeli. Bravo Polri…”, tegasnya.

Terpisah, Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman melalui Kasat Binmas Polres Sampang AKP Heri Darsono menyampaikan, dalam perlombaan Pos Kamling kali ini ada sepulu kriteria penilaian, salah satunya yakni kepekaan, kepedulian, dan keterlibatan masyarakat terhadap sistem dan keamanam di desanya sendiri.

“Desa Jrangoan patut mendapat juara satu dalam perlombaan Pos Kamling ini, karena kami menilai Pos Kamling di Desa Jrangoan masuk dalam sepuluh kriteria penilaian kami. Selain itu, di pos tersebut dilengkapi dengan motivasi dan alat kelengkapan Siskamling, salah satunya yakni HT (Handy Talkie) yang terkoneksi dengan 10 desa”, terangnya.

Selain itu, ungkap Heri Darsono, tim keamanan yang terdiri dari masyarakat di Desa Jrangoan itu sendiri, juga pernah berhasil menggagalkan kasus pencurian hewan (pencurian sapi, red). Ia berharap kedepannya, Desa Jrangoan terus menciptakan inovasi baru dan menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya, khususnya desa yang ada di Kabupaten Sampang. (har/red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here