Public Speaking, KKN 24 UTM Ajak Pemuda-Pemudi Pandai Berbicara Dihadapan Masyarakat Umum

0
402
Nara sumber atau pemateri Public Speaking (Taufik Hidayah. S.Ikom) saat menyampaikan materinya.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 24 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Madura, mengadakan program kerja berupa pelatihan public speaking yang bertemakan “Berani Berbicara dan Tunjukkan Kualitas Pemuda Desa Sobih melalui Public Speaking”, Rabu (10/07/2019) kemarin, di balai desa setempat.

Pelatihan public speaking tersebut mendatangkan nara sumber atau pemateri dari alumni UTM yaitu Taufiq Hidayah S. Ikom, yang diikuti oleh warga Sobih, Kecamatan Burnih, diantaranya Kepala Desa, Kepala Dusun, pemuda karang taruna dari setiap dusun, dan ibu-ibu PKK desa setempat.


Pelatihan yang di komandoi oleh pemuda kerab di sapa Kak Taufik ini mendapatkan tanggapan positif dari karang taruna setemoat. Karena dengan adanya kegiatan tersebut mereka dapat mengerti bagaimana cara berbicara dihadapan orang banyak.

“Dengan adanya pelatihan public speaking saya mengerti pentingnya berbicara di depan khalayak umum, untuk menyampaikan gagasan atau ide kita dengan tata cara yang baik, lugas, dan benar. Terlebih lagi, saya mendapat ilmu yang bermanfaat untuk menjadi seorang MC sebuah acara”, ujar Ozi, salah satu pemuda Desa Sobih.

Sementara Kepala Desa Sobih Mohammad Nuri mengatakan, ia turut senang ketika diadakannya pelatihan public speaking ini yang diadakan oleh mahasiswa-mahasiswi KKN 24 Tematik Mandiri UTM. “Saya turut senang anak-anak KKN mengadakan pelatihan ini, karena sangat membantu pemuda Desa Sobih, untuk lebih berani berbicara di depan umum dengan baik”, ujar Nuri.

Ditempat yang sama, Koordinator KKN 24 UTM M. Aan Aminudin mengatakan, dengan terselanggaranya Pelatihan Public Speaking di Desa Sobih, pihaknya berharap pada masa mendatang para pembicara-pembicara hebat akan lahir dari Desa Sobih. Terlebih pasca pelatihan ini, para pemuda-pemuda desa akan dipermudah untuk menyelenggarakan suatu acara, dimana MC dari acara tersebut berasal dari pemuda setempat tanpa harus mengundang MC dari luar desa.

“Acara ini bertujuan agar pemuda maupun pemudi, terutama karang taruna Desa Sobih dapat berpublic speaking dengan baik dan benar. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa pada era ini public speaking adalah hal yang sangat penting, terutama dalam bersosialisasi”, pungkas Aan Aminudin. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here