Azis: Sosialisasi Kegiatan RHL Sangat Besar Manfaatnya

0
228
Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Drs. R. Hi. Azis Nurhamidin, M. Pd (kopiah hitam) saat memberikan materi.

Limboto, (regamedianews.com) – Mewakili Bupati Gorontalo, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Azis Nurhamidin menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Tingkat Kabupaten Gorontalo, di Hotel Milana Kelurahan Hunggaluwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Jumat (12/07/19).

Hadir pada kegiatan itu Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDAS HL), Bone Bolango M. Tahir kemudian unsur Pemerintah Kabupaten Gorontalo dihadiri Dinas terkait dan sejumlah Camat serta Kepala Desa di Kabupaten Gorontalo. Tampak pula unsur Kejaksaan Negeri Limboto, unsur Koramil, dan Polsek serta undangan lainnya.


Maksud dan tujuan kegiatan, adalah untuk menginformasi kebijakan RHL kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2019.

Dalam arahannya, Azis mengatakan, Penyelenggaraan kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL ) adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan. Sehingga daya dukung, produktivitas dan perannya dalam mendukung system penyangga kehidupan tetap terjaga.

Ia menambahkan, salah satu bentuk kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan adalah reboisasi yaitu upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong.

Pada tahun 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDASHL Bone Bolango Provinsi Gorontalo mengalokasikan kegiatan reboisasi berupa penanaman RHL secara Vegetative seluas 12.300 Hektar yang tersebar pada Hutan Lindung, Hutan Produksi dan Hutan Konservasi.

“Untuk Kabupaten Gorontalo mendapat alokasi 5.270 Ha yang berada di Wilayah KPH dan Suaka Margasatwa Nantu”, kata Azis lagi.

Azis menilai, acara sosialisasi pada hari ini, merupakan salah satu upaya agar para pihak yang berkepentingan terhadap pelaksanaan kegiatan RHL bisa mengetahui dan mendukung kegiatan RHL dimaksud.

“Sosialisasi ini tentunya tidak cukup hanya sebatas pada tingkat Kabupaten tetapi sangat perlu juga dilaksanakan di tingkat tapak atau Desa. Sosialisasi pada tingat Desa sangat diperlukan agar masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan pada lokasi kegiatan RHL bisa mengetahui manfaat RHL dan mendukung serta ikut berperan serta dalam kegiatan RHL ini”, tukas Azis.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyampaikan terima kasih kepeda Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah mengalokasikan kegiatan RHL yang cukup besar untuk perbaikan kondisi hutan di Kabupaten Gorontalo.

“Saya berharap agar upaya rehabilitasi hutan dan lahan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mengembalikan Hutan sebagaimana mestinya”, tandas Azis. (onal)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here