Budayakan Hidup Sehat, KKN 79 UTM Programkan Jaga Kebersihan Pada TK Alang-Alang

0
251
Suasana saat berlangsungnya Penyuluhan Tata Cara Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi di TK Alang-Alang, oleh Kelompok KKN 79 UTM.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Pentingnya akan kesadaran terhadap kebersihan diri membuat peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 79 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) 2019, tergerak untuk melakaukan Penyuluhan Tata Cara Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi dengan baik dan benar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di TK PGRI Alang-Alang, Desa Alang-Alang, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan dan diikuti oleh 46 orang peserta, yang merupakan jumlah keseluruhan dari siswa TK PGRI Alang-Alang. Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Selasa (16/7/2019) kemarin.


Budaya hidup sehat harus diterapkan mulai sejak dini agar anak-anak terbiasa menjaga kebersihan. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, khususnya di Desa Alang-Alang ini terkadang memiliki pemahaman yang sangat minim akan kebersihan. Hal ini terlihat dari kondisi lingkungan yang masih terdapat banyak sampah berceceran di sekitar Desa Alang-Alang, termasuk di sekitar sekolah yang berasal dari bungkus jajan yang biasa dibeli oleh siswa.

Meskipun hanya di beberapa tempat saja, namun hal tersebut akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan siswa, sehingga dapat menyebabkan terhambatnya proses belajar siswa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, peserta KKN 79 Universitas Trunojoyo Madura ini melakukan penyuluhan tersebut.

Antusiasme pengajar dan siswa TK PGRI Alang-Alang dalam menyambut kegiatan penyuluhan kebersihan diri melalui program mencuci tangan dan menggosok gigi sangat besar dengan harapan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan praktik secara langsung, yaitu menggosok gigi dan mencuci tangan baik dan benar sesuai Standar Operational Procedure Kesehatan yang dipandu oleh peserta KKN 79 UTM.

“Alhamdulillah, bisa ada kegiatan penyuluhan kesehatan seperti ini, karena hal ini sangat dibutuhkan untuk warga pedesaan seperti disini,” ujar Kepala Sekolah TK PGRI Alang-alang, Imah. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here