Buku Pelajaran Mahal, Siswa-Siswi MAN Bangkalan Lakukan Aksi Protes

0
267
Siswa-siswi MAN Bangkalan saat melakukan aksi protes dihalaman sekolah.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Sejumlah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan melakukan aksi protes terhadap Kepada Kepala Sekolah MAN setempat, perihal mahalnya buku pelajaran yang di sediakan pihak sekolah.

Aksi ratusan siswa itu berlangsung 15 menit di halamaan sekolah MAN Bangkalan, Senin (5/8/2019), sekitar pukul 06:30 Wib menjelang pelaksanaan upacara di sekolah tersebut.


Informasi yang dihimpun regamedianews.com, siswa-siswi MAN tersebut menuntut transparansi pembiayaan sekolah serta pembiayaan buku pelajaran yang dianggap terlalu mahal harganya dan dianggap memberatkan siswa.

“Ini kejadian luar biasa, tadi program hari ini mestinya upacara rutin setiap dua minggu sekali kita upacara,” kata Hasan Humas MAN Bangkalan, saat ditemui regamedianews.com dikantornya.

Pada saat jelang upacara, semua guru meminta kepada semua siswa agar turun kehalaman atau kelapangan sekolah untuk mengikuti upacara.

“Ketika anak-anak turun, tau-tau mic itu dipegang murid dan murid itu orasi sambil melemparkan bukunya”, ujarnya.

Menurutnya, ia tidak dengar informasi dengan sempurna orasi siswa-siswi tersebut karna pada saat orasi, pihaknya mengaku berada dipintu gerbang sekolah mengawal siswa-siswi yang telat datang, sehingga banyak informasi menurut banyak ketinggalan.

“Kemudian saya kedepan halaman sekolah menghampiri anak-anak yang orasi. Lalu Mereka saya ajak komunikasi, maunya anak-anak apa melakukan protes?, agar masalahnya bisa diclearkan. Kebetulan Kepala Sekolah MAN Bangkalan sedang mengikuti FGD tentang madrasah menyelenggarakan keterampilan”, terangnya.

Lebih lanjut Hasan mengungkapkan, ia memberikan solusi kepada siswa-siswi tersebut, agar tidak melakukan aksi koar-koar di depan tanpa ada hasil.

“Pertama minta transparansi pembiayaan, dan harga buku yang harganya 1 juta 200 ribu dengan total buku 18 SKS di rasa keberatan karena kemahalan,” pungkasnya. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here