Memperingati Hari Sejarah Blitar Dengan Menggelar Pisowanan Agung

0
255
Saat berlangsungnya kirab dalam rangka pisowonan agung.

Blitar, (regamedianews.com) – Pemerintah Kabupaten Blitar dalam rangka memperingati hari jadi Blitar yang ke-695 tahun 2019, dengan menggelar berbagai kegiatan salah satunyanya menggelar prosesi Pisowanan Agung yang dilaksanakan di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Senin (05/08/2019).

Pisowanan Agung merupakan puncak acara hari jadi Blitar ke-695 tahun 2019 dimulai dengan upacara prosesi di Alun-Alun Blitar yang diikuti semua Kepala Desa, Lurah, Perangkat Desa/ Kelurahan, Camat se-Kabupaten Blitar dengan menggunakan pakaian adat Kejawen.


Sebelumnya Kirab Pusaka dan Kitab Sejarah, Panji Lambang Daerah dan obor Huruf Hambangun Praja dengan tema Kiblat Papat Limo Pancer’ dikirap di 22 Kecamatan dengan titik awal di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. Untuk menuju Candi Penataran situs Pandelegan, Candi Simping Prasasti Munggut, Pendopo Sasana Adi Praja sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Blitar dan terakhir dikirab kembali ke pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

Acara Pisowanan Agung dilanjutkan dengan mengarak arak Panji-Panji Desa, Kelurahan, Kecamatan menuju Pendopo Agung mengiringi Persemayaman Pusaka berupa Kitab Sejarah, Panji lambang daerah dan obor Huruf Hambangun Praja untuk diserahkan kembali kepada Bupati Blitar di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

Ditemui Usai prosesi Pisowanan Agung Bupati Blitar Riyanto menjelaskan, maksud dan tujuan diadakannya kirab agar masyarakat pintar dan tahu bahwa persis tanggal 5 Agustus adalah hari jadi Blitar. Sekaligus bagaimana mengungkapkan atau menggaungkan Huruf Hambangun Praja kepada seluruh lapisan masyarakat Blitar untuk menggelorakan perekonomian masyarakat.

“Untuk menumbuhkembangkan perekonomian rakyat di masing-masing sektor di 22 Kecamatan, terdapat kegiatan di malam hari kesenian rakyat disaksikan ribuan masyarakat, di situlah UKM Blitar berperan, para pelaku kuliner yang menyuguhkan makanan dan masakan khas Blitar”, papar Bupati Blitar.

Riyanto juga menambahkan, dalam event ini juga ada para pengusaha-pengusaha dari luar daerah, rela datang ke Blitar untuk melihat secara langsung prosesi peringatan hari jadi Blitar yang ke-695. Mereka juga mendatangi objek-objek wisata yang ada di Blitar dan untuk nanti malam juga diselenggarakan malam resepsi hari jadi Blitar yang diisi wayang kulit. Didatangkan juga dalang Ki Purbo Asmoro dari Solo tentunya ini merupakan hiburan masyarakat Kabupaten Blitar dan sekitarnya.

“Kabupaten Blitar di usianya yang ke-695 Bupati Blitar berharap, masyarakatnya semakin kompak, semakin semangat bersama pemerintah Kabupaten Blitar. Untuk menghantarkan pembangun daerah, sehingga visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar semakin masyarakatnya semakin maju semakin sejahtera dan berdaya saing itu merupakan harapan kita semua. (Mst/Hms/Adv)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here