Pelatihan Pembuatan Soal High Other Thinking Skill Bagi Guru Sekolah Dasar

0
297
Suasana saat berlangsungnya kegiatan Pelatihan Pembuatan Soal Heigh Other Thinking Skill.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Kegiatan pembelajaran di sekolah sangat berkaitan erat dengan kemampuan seorang guru dalam mengelola prosesnya. Dalam proses pembelajaran banyak yang harus dilakukan oleh seorang guru, diantara tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian.

Dalam tahap persiapan guru harus membuat perangkat pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan serta membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan seorang guru harus dapat menerapkan strategi yang telah disiapkan, agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik serta berjalan kondusif.


Pada tahap penilaian atau evaluasi seorang guru harus dapat menentukan evaluasi bentuk apa yang akan digunakan, karena evaluaisi juga harus sesuai dengan materi yang disampaikan, agar evaluasi yang dilakukan tepat bisa sesuai dengan materi dan dapat meningkatkan pemahaman siswa maka seorang guru harus menguasai beberapa bentuk atau jenis soal. Diantara bentuk atau jenis soal tersebut adalah soal HOTS (High Other Thinking Skill).

Dalam rangka meningkatkan kemampuan guru Sekolah Dasar soal HOTS dan juga bersamaan dengan pelaksanaan pengabdian dosen Universitas Trunojoyo Madura mengadakan pelatihan penyusunan soal HOTS bagi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan yang bertempat di SDN Maneron I.

Acara tersebut di hadiri oleh guru- guru SD yang ada di Kecamatan Sepuluh. Acara diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Sekolah yang diwakili oleh Kepala sekolah SDN Maneron I, dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari pihak Universitas Trunojoyo Madura yang disampaikan oleh Abdul Rosid, S. Pd., M. Pd. Dan acara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Bapah Masda, S. Pd.

Pada acara tersebut bertindak sebagai pemateri adalah Abdul Rosid, S. Pd., M. Pd., Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd. dan Umi Hanik, S. Pd., M. Pd. Pemateri pertama membahas tentang kurikulum 2013 baik yang edisi lama maupun edisi revisi. Dilanjutkan pemateri kedua menjelaskan tentang Asasment atau penilaian dan soal HOTS. Dilanjutkan pemateri ketiga membahas tentang praktik membuat soal HOTS.

Dalam sesi tanya jawab peserta sangat antusias menanyakan tentang apa yang dimaksud dengan soal HOTS, apa saja ranah yang termasuk dalam soal HOTS dan bagaimana cara membuat soal HOTS berdasarkan materi yang dibahas dalam proses pembelajaran. Dari pelatihan tersebut diharapkan para guru dapat membuka wacana tentang proses penilaian dalam pembelajaran serta menerapkan penilaian dengan menggunakan soal HOTS. (sfn/tfk)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here