Manasik Haji Taman Kanak-Kanak, Bupati Blitar: Bentuk Karakter Anak Taat Beragama

0
152
Bupati Blitar (Rijanto) secara simbolis membukan langsung kegiatan Manasik Haji Taman Kanak-kanak.

Blitar, (regamedianews.com) – Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU se-Kabupaten Blitar menggelar kegiatan praktek manasik haji yang di ikuti 6038 murid dan telah diberi penghargaan dari Bupati Blitar. 293 lembaga Taman Kanak Kanak ( TK ) mengikuti kegiatan tersebut di alon-alon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, di Kanigoro, Selasa (13/8/2019).

Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya membuka acara kegiatan praktek manasik haji anak-anak ini, bertujuan untuk mbentuk karakter anak yang taat kepada agama dan tuhan_Nya. Lucunya manasik Haji anak anak ini semakin seru sebagaimana menjalankan ibadah haji dengan menggunakan pakaian ikhram serba putih, seperti yang dikenakan para calon jamaah haji.


Menurut ketua panitia pelaksana praktek Manasik Haji TK Muslimat NU tersebut, nantinya dimulai dengan pelepasan jamaah, dilanjutkan prosesi wukuf di Padang Arafah setelah itu melaksanakan tawaf atau keliling kabah sebanyak tujuh kali.

“Lalu mereka akan berlari-lari kecil seolah-olah dari bukit shofa sampai marwah, lalu ada lempar jumprah dan diakhiri potong rambut (tahalul)”, terangnya.

Sementara itu, menurut Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto kegiatan Manasik Haji ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman sejak dinii tentang proses menunaikan kewajiban ibadah haji. Sebagai umat Islam, ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima maka dari itu, mereka sejak usia dini dan sekaligus membentuk sebuah karakter terhadap anak taat akan perintah agama dan Allah SWT.

“Setelah mengikuti manasik ini mereka jadi tahu dan mungkin bisa menabung sejak dini dan kelak bisa berangkat ke tanah suci untuk menunaikan kewajibannya”, ungkap Bupati Blitar.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung adanya kegiatan manasik haji TK ini, pihaknya akan selalu memberikan apresiasi dengan memberikan fasilitas berupa tempat dan sarana lainnya.

Sekedar di ketahui, sesuai laporan panitia kegiatan ini diikuti oleh 6038 murid (TK) dari 293 lembaga TK, se Kabupaten Blitar beserta 1333 Pembimbing dan 125 Pemandu manasik Haji.

“Bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas alon-alon Pemkab Blitar akan saya gratiskan untuk fasilitas kegiatan Ibadah”, pungkas Rijanto, di hadapan pengurus Muslimat NU Kabupaten Blitar. (Mst/Hms,Adv)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here