Bupati Blitar: Semangat Hari Pramuka Ke 58, Mampu Menjadi Garda Pembangunan Bangsa

0
298
Bupati Blitar (Rijanto), saat memimpin upacara Hari Pramuka ke 58.

Blitar, (regamedianews.com) – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM, sebagai pembina Pramuka sekaligus pimpin apel upacara Hari Pramuka ke 58 tahun 2019. Kegiatan tersebut di selenggarakan di alon-alon Pemkab Blitar, Kanigoro (14/08/2019) Rabu pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh Camat selaku Kepala Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan se-Kabupaten Blitar, Ketua Kwartir Ranting, Korwil Pendidikan Kecamatan, Para Pengawas dan PPAI, Kepala Sekolah selaku Ka Mabigus, Pembina, Instruktur, DKR dan anggota Pramuka peserta upacara.


Dalam amanatnya, Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Blitar menyampaikan, semoga dengan peringatan hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka.

“Terutama untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai pemimpin bangsa masa depan yang terang gemilang”, tutur Rijanto.

Lebih lanjut anjut Rijanto memaparkan, Pramuka adalah salah satu sarana yang efektif untuk membangun karakter bangsa bagi kaum muda. Karena dalam Pramuka diajarkan bagaimana mengimplementasikan rasa cinta tanah air, bela negara, gotong royong ,menghargai kebhinekaan, membangun bangsa dengan bingkai NKRI. 

“Oleh karena itu, tepat dalam Peringatan Hari Pramuka KE-58 tahun 2019 kali ini mengambil Tema GERAKAN PRAMUKA BERSAMA SELURUH KOMPONEN BANGSA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI”, terang Rijanto.

Tema ini bila dijabarkan mengandung makna luas, yaitu bahwa:
Kegiatan kepramukaan Indonesia telah memperoleh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukannya sebagai organisasi Pramuka Indonesia sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia.

“Tema tersebut sangat tepat dan benar-benar senafas dengan visi, misi dan tujuan serta kode ketetapan moral Satya dan Darma Pramuka. Kita sama-sama berharap agar kelak anggota Pramuka utamanya adik-adik kita benar-benar menjadi generasi muda yang memiliki watak bangsa yang kuat. Bukan hanya menjadikan manusia yang cerdas yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi saja, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya serta berakhlak mulia”, paparnya.

Untuk itu, dengan memanfaatkan momentum penting Hari Pramuka yang ke-58 tahun 2019, Bupati Blitar mengajak kakak-kakak, khususnya para Pembina, pimpinan saka, Sako, para instruktur dalam Gerakan Pramuka di Kabupaten Blitar untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter dan penumbuhan budi pekerti luhur Kaum Muda kita. 

“Semoga pesan moril yang penuh nilai Patriotik ini mampu menggugah semangat adik- adik anggota Pramuka kita. Untuk menjadikan dirinya sebagai Pemuda yang hebat , kuat iman tagwanya, rajin , matang, tegas , pemberani, riang gembira, optimis, energik, penuh percaya diri, sederhana, serta suka bekerja keras. Semoga sekapur sirih ini dapat memberikan bekal berharga bagi adik-adik anggota Pramuka, dan pada saatnya nanti bisa berkontribusi dalam mendukung kejayaan kabupaten Blitar khususnya”, ucapnya.

Diakhir sambutannya Bupati Blitar juga menyampaikan pesan, dari tokoh Bapak Bangsa pemimpin fenomenal sejarah kepanduan kita Bung Karno. “Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika Setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa di kota maupun yang menjadi penggembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan aku Pramuka Indonesia”, tutup Bupati Blitar Rijanto.(Mst/Hms Adv)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here