Daerah  

Pemdes Olor Salurkan BLT Dana Desa Kepada 307 Penerima

Kepala Desa Olor (Murtakim) saat menyerahkan bantuan BLT Dana Desa secara simbolis kepada warga yang menerima.

Sampang, (regamedianews.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Olor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa priode April kepada 307 penerima.

Penyaluran BLT Dana Desa yang bersumber dari Dana Desa Olor tahun anggaran 2020 itu diberikan langsung oleh Kepala Desa Murtakim dengan disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Banyuates, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Perangkat Desa setempat.

Kepala Desa Olor Murtakim mengatakan, data 307 penerima BLT Dana Desa tersebut merupakan hasil dari verifikasi dan validasi Pemdes Olor. Jika masyarakat yang menerima PKH dan BPNT dipastikan tidak akan menerima BLT Dana Desa.

Selain itu, penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama kepada sebanyak 307 penerima priode April tanpa menggunakan rekening, karena untuk mempercepat proses penyaluran ditengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) dan sebelum hari raya Idul Fitri sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Timur.

“Sebanyak 307 penerima itu tersebar di tujuh dusun. Setiap penerima  mendapatkan Rp. 600.000., Untuk jumlah anggaran BLT Dana Desa tahap pertama priode April yang di salurkan sebesar Rp. 184.200.000,” kata Murtakim pasca penyaluran BLT Dana Desa Olor di Kantor Balai Desa setempat. Kamis (21/05/2020).

Murtakim mengungkapkan, sesuai kesepakatan bersama yang di sampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Khusus (Musrenbangdessus) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) perubahan tahun anggaran 2020. Ada empat anggaran program fisik yang harus dialihkan ke BLT Dana Desa tersebut.

“Program fisik yang dialihkan ke BLT Dana Desa yakni, Tembok Penahan Tanah Dusun Kokap, Tembok Penahan Tanah Dusun Paetengan, Makadam Dusun Paetengan dan Makadam Dusun Olor. Selain itu, ada satu bidang pemberdayaan juga di alihkan ke BLT Dana Desa,” ungkapnya.

Murtakim berharap, BLT Dana Desa itu, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. “Semoga bantuan itu bermanfaat dan bisa mengurangi beban ditengah pandemi Covid-19 dan menjelang lebaran,” harapnya.

Sementara Abdullah, salah satu penerima BLT Dana Desa Olor merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut.

“Terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Desa. Karena dengan bantuan ini bisa mengurangi beban kebutuhan sehari-hari,” ucapnya. (adi/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..