Ter-Ater, Tradisi Madura Yang Tetap Lestari Tak Tergerus Perkembangan Zaman

Terlihat sejumlah wanita tengah membawa bingkisan yang berisi makanan.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Idul Fitri tahun ini memang banyak dirasakan berbeda disetiap daerah terutama ditengah Pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak sanak famili tidak bisa berkumpul karena pemerintah memberlakukan larangan mudik.

Namun meski demikian, masih ada warga yang nekat mudik demi melepas rindu setelah bertahun tahun mengadu nasib keluar kota dengan melakukan berbagai cara untuk mengelabui petugas yang berada dititik check point.

Bacaan Lainnya

Bagi sebagian masyarakat mudik adalah cara melepas rindu yang hanya dilakukan sekali dalam setahun yakni hanya di suasana idul fitri, tradisi silaturahmi yang telah terpupuk selama turun temurun itulah yang sering membuat tekad bulat untuk dilakukan meski ditengah ujian pandemi yang tak kunjung usai.

Ada tradisi didalam lebaran yang tak pernah usang seiring zaman, terutama didaerah Madura yang Sampai saat ini masih terus bertahan yakni ‘ter-ater’ (Madura red).

Ter-ater atau dalam bahasa Indonesia mengantar adalah tradisi saling mengantar masakan ke setiap tetangga, masakan tersebut diantar keseluruh tetangga setiap apa yang dimasak saat Idul Fitri.

Hal tersebut seperti yang terlihat didesa Lomaer Kecamatan Blega Bangkalan, tradisi tersebut masih menjadi ciri khas kental mewarnai lebaran.

Seperti yang dituturkan warga Marmi (50), menurut ibu tersebut tradisi tersebut merupakan warisan leluhur yang terus dilakukan.

“Sudah dari dulu, warisan leluhur yang terus kita lakukan,” ujarnya.

Marmi menambahkan, bahwa dalam tradisi ter-ater itu ada banyak manfaat yang bisa dipetik, diantaranya menambah keakraban dengan para tetaangga, sehingga terwujud jalinan silaturahmi yang kuat.

“Ada hal yang tersirat didalamnya, yakni melahirkan silaturahmi yang kuat antar warga,” imbuhnya.

Meski disebagian wilayah hal tersebut sudah mulai tergerus, namun disebagian daerah di Madura masih tetap lestari.(red)

Pos terkait