Abrasi Gampong Gunung Kerambil Kian Parah

Sejumlah warga Gampong Gunung Kerambil tengah berkumpul di pinggir pantai.

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Ombak besar yang terjadi di Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan kian parah jika dibiarkan berlarut-larut oleh pihak Pemkab Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh, akan berakibat fatal bagi penghuni rumah yang tinggal disana.

Dengan kondisi musim barat, wilayah pesisir Kecamatan Samadua dan Tapaktuan sering dihantam ombak besar serta badai karena daerah tersebut sangat rawan jika tibanya musim barat.

Apabila musim barat tiba, dua Kecamatan itu, para nelayanya tidak akan melaut takut dihantam ombak besar serta badai dengan kecepatan tinggi.

Akbar (40) tahun, salah satu warga Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan saat dikonfirmasi regamedianews.com membenarkan hal tersebut, dirinya dan keluarga yang tinggal serumah dengan mertua, Mursal (55) tahun, sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh segera membangun tanggul pemecah ombak atau batu gajah sebutnya.

“Jika musim barat tiba hati dan perasaan kami yang tinggal di bibir pantai Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan ini, selalu dihantui ketakukan dan gelisah, akibat sering terjadinya ombak besar serta angin yang sangat kencang kerab melanda wilayah pesisir Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan,” pungkas Akbar. 

Sementara itu Kepala Dinas Pengairan Provinsi Aceh Ir.Mawardi bersama Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan anggota DPRA Syafrijal dengan nama gelaran Tgk Ganggam didampingi Kabid IRP Dinas Pengairan Propinsi Aceh, Ade Surya dan Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Aceh Selatan Rima Eved, melakukan peninjauan kebeberapa titik lokasi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Terpisah Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan Ramli Tanjung, Sabtu (30/05) melalui via handphone seluler membenarkan adanya Kadis Pengairan Provinsi Aceh dan Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meninjau beberapa titik lokasi rawan bencana alam akibat musim barat yang terjadi belakangan ini.

“Banyak area pesisir pantai yang tergerus akibat abrasi air laut yang berdampak kepada rumah warga seperti Kecamatan Bakongan Timur sepanjang 1 km bibir pantai telah tergerus bila tidak segera ditangani ditakutkan akan sampai ke jalan,” ujarnya.

Kemudian dilanjut ke Gampong Ujong Mangki Bakongan, Pasei Kuala Bau Kota Fajar dan dilanjutkan ke Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan, Gampong Ujung Tanah Kecamatan Samadua. “Terakhir ke Gampong Pisang Labuhan Haji (krueng labuhan haji),” tutup Kabag Humas. (Asmar Endi)

Pos terkait