Momentum HKN, Bupati Aceh Selatan Ajak Masyarakat Wujudkan Keluarga Berkualitas

Bupati Aceh Selatan (Tgk Amran).

Aceh Selatan || Rega Media News

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional Ke XXVII tahun 2020 Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyampaikan, dalam pelaksanaan hari keluarga tahun ini di laksanakan dengan sederhana.

Bacaan Lainnya

“Namun memberikan manfaat langsung pada keluarga dan masyarakat, serta menginspirasi setiap keluarga untuk tetap menjaga semangat dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas,” tutur Amran di UPTD Puskesmas Lhokbengkuang, Tapaktuan, Senin (29/6/20).

Menurut Amran, Program Keluarga Berencana harus mendapat perhatian khusus dalam kerangka pembangunan nasional yang berkelanjutan.

“Seperti yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga tercantum secara eksplisit pada Pasal 23 bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib meningkatkan akses dan kualitas informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan kontrasepsi,” jelasnya.

Khusus untuk pelayanan kontrasepsi undang-undang ini mengamanatkan agar keamanan, keterjangkauan, jaminan kerahasian serta ketersedian alat, obat dan cara kontrasepsi yang bermutu wajib ditingkatkan seiring dengan penguatan kualitas sumber daya manusia.

“Disaat Covid-19 menjadi Pandemi di Indonesia dan dunia, kasus pertama penyakit ini masuk Indonesia pada 02 Maret 2020 yang diumumkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, hal ini jelas akan mempengaruhi segala sektor termasuk pada program Keluarga Berencana,” ujarnya.

Melalui momen peringatan Hari Keluarga Nasional XXVII Tahun 2020 dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini BKKBN berinisiatif untuk melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pesan bagi keluarga tentang kesiapan pelayanan kontrasepsi untuk melayani kebutuhan para keluarga,” harapnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2020 ini, BKKBN bertekad untuk membangun cara dan semangat baru dalam membantu keluarga mewujudkan keluarga berkualitas, maka BKKBN mengambil tema Sentral Harganas ke-27 tahun ini yaitu “BKKBN Baru Dengan Cara Baru Dan Semangat Baru Hadir didalam Keluargamu”.

“Diharapkan dapat dijadikan sebagai pemicu bagi BKKBN bersama keluarga Indonesia untuk dapat terus menerus meningkatkan ketahanan keluarganya, sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik,” ucap Amran.

Tgk. Amran menambahkan, mari jadikan hari keluarga sebagai momentum untuk melakukan introspeksi, evaluasi, dalam membangun keluarga dan seluruh pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan Hari Keluarga Nasional Ke-27.

“Kami berharap semoga hari Keluarga Nasional Ke-27 ini dapat dijadikan daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, dengan tim penggerak PKK Pemerintah Daerah dalam rangka membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera,” pungkasnya. (Asmar Endi)

Pos terkait