Bina Pengusaha Tahu, Tim Unsyiah Lakukan Desiminasi TTG

Mahasiswa dan Dosen Unsyiah pose bersama dengan pengusaha tahu.

Banda Aceh || Rega Media News

Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang diketuai oleh Dr. Ramayanty Bulan melaksanakan kegiatan Desiminasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut diterapkan terhadap sejumlah Pengusaha Tahu di Desa Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Tim pengabdi ini berasal dari lintas program studi dan fakultas di lingkungan Universitas Syiah Kuala dengan kompetensi keilmuan yang berbeda, yakni Dr. Ramayanty Bulan, Dr. Muhammad Yasar dari Prodi Teknik Pertanian.

Selain itu juga Dr. Santi Novia Sari dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Dr. Muhammad Abrar dari Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Keempat dosen tersebut melakukan kolaborasi keilmuan untuk membina terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya Pengusaha Tahu.

Kegiatan ini disamping melakukan perbaikan teknologi produksi melalui pemanfaatan hasil teknologi tepat guna berupa alat penggiling kedelai.

Selain itu para akademisi ini juga melakukan perbaikan teknologi pengemasan tahu untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk.

Ketua Kelompok UMKM Tahu Solo, Sunarsih mengaku sangat terbantu oleh kegiatan pembinaan dan perbaikan teknologi ini.

“Kegiatan ini sangat membantu kami,” ujar Sunarsih, Minggu (27/9/20).

Hal senada juga diungkapkan ketua Kelompok Tahu Mandiri, M. Nasir dan Ketua Kelompok Tahu Aceh, Agus. Ketiganya berharap kegiatan ini terus berlanjut.

“Kami berharap agar Tim Unsyiah juga berkenan membantu mereka dalam hal perluasan akses pasar, agar usaha kami terus maju dan berkembang,” pungkasbya. (Asmar Endi)

Pos terkait