Deklarasi Damai Jelang Pilkada Sumenep, Langkah Ini Yang Dipersiapkan Polri

Forkopimda Sumenep dalam kegiatan deklarasi damai jelang Pilkada Sumenep.

Sumenep || Rega Media News

Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 dengan damai dan sejuk, Forkopimda setempat melaksanakan deklarasi yang dilaksanakan di Gedung Sanika Satyawada Mapolres Sumenep, Jum’at (25/9/20).

Bacaan Lainnya

Kapolres Sumenep AKBP Darman mengatakan, Polres Sumenep telah menyiapkan personel sebanyak 1.200 dalam pelaksanaan Pilkada Sumenep yang terdiri dari Jajaran Polda Jatim dan Sat Brimob Polda Jatim.

“Hal itu demi terciptanya Pilkada Sumenep di Tahun 2020 yang aman, tertib dan lancar. Kami juga telah mempersiapkan diri dengan menggelar latihan Dalmas bersama Polres Jajaran Madura dan Sat Brimobda Polda Jatim,” terangnya.

Selain itu, kata Darman, juga melaksanakan simulasi pengamanan pemilukada Sumenep atau sispamkota dengan melibatkan unsur pengamanan terkait seperti TNI, Satpol PP, Linmas yang dibantu petugas Damkar.

“Dalam simulasi Sispamkota memperagakan beberapa kejadian/permasalahan, yang kemungkinan akan terjadi khususnya pada tahap pendistribusian logistik tahap kampanye, masa tenang, pungut hitung maupun rekapitulasi baik ditingkat PPS, PPK maupun di tingkat Kabupaten atau KPU,” jelasnya.

Darman juga mengatakan, juga melaksanakan kegiatan patroli rutin yang dilakukan secara internal, maupun patroli yang sifatnya skala besar dengan melibatkan unsur terkait, TNI dan Satpol PP dengan sasaran KPU, Bawaslu, Sekretariat Parpol maupun obyek vital yang ada di wilayah Kab Sumenep

“Selain itu dalam setiap tahapan Pilkada Polres Sumenep telah menyiapkan rencana pengamanan, baik secara terbuka dan tertutup agar pelaksanaan Pilkada Sumenep dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan,” tandas Darman

Menurut Darman, deklarasi damai sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Polres Sumenep dengan Partai Politik yang ada di Kabupaten Sumenep pada tanggal 12 Agustus 2020 lalu.

“Kami juga telah membagikan selebaran Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatam, dalam pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020 kepada Partai Politik, Tim Pemenangan Paslon serta memasang banner dilokasi sekretariat penyelenggara Pemilu, dan dimasing2 Posko Pemenangan dengan tujuan untuk memberikan himbauan agar Maklumat Kapolri tersebut benar2 di patuhi,” pungkasnya. (red)

Pos terkait