Gedung SDN Durjan 3 Bangkalan Berdiri Dilahan Sampang

  • Bagikan
Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan (Zainul Qomar) saat diwawancara awak media.

Bangkalan || Rega Media News

Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Durjan 3, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, berdiri dilahan tanah wilayah Kabupaten Sampang.

Hal itu baru terungkap pasca Komisi D DPRD Bangkalan melakukan pemanggilan terhadap Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Senin (23/08/21).

Ketua Komisi D, Nur Hasan menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemanggilan dinas terkait, guna memberikan klarifikasi masalah gedung SDN Durjan 3 yang berdiri di lahan wilayah Sampang.

Sebab, menurutnya, gedung lembaga pendidikan milik Pemerintah Bangkalan itu dikabarkan berdiri di wilayah Kabupaten lain dan terkesan Pemkab Bangkalan melakukan pembiaran. 

“Sehingga kami melakukan pemanggilan terhadap Dinas Pendidikan untuk mengetahui kepastian masalah di SDN Durjan 3 tersebut,” ujarnya.

Politisi PPP itu menambahkan, dilihat dari Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), SDN Durjan 3 masuk ke Kabupaten Sampang. Sehingga, pihaknya meminta Pemkab Bangkalan melalui Dinas Pendidikan untuk segera melakukan relokasi total kelahan yang berada di wilayah Bangkalan.

“Kita sepakat opsi relokasi total, kami DPRD Bangkalan mendukung penuh, agar Pemkab Bangkalan mengusulkan anggaran yang penuh untuk melakukan pembebasan lahan. Paling tidak sekolah tersebut dicarikan tempat yang lain, karena selain tempatnya di sana miring, apalagi sengketa,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Disdik Bangkalan Zainul Qomar membenarkan, gedung SDN Durjan 3 berdiri dilahan yang masuk ke wilayah Kabupaten Sampang. Menurutnya, sesuai arahan dari anggota Komisi D DPRD Bangkalan solusi utama dari masalah itu harus melakukan relokasi total. 

Qomar mengungkapnya, pihaknya akan mengusahakan pembebasan lahan dan pembangunan sekolah baru SDN Durjan 3 tersebut pada tahun 2022 mendatang. Mengingat, pembangunan saat ini berdiri dilahan yang bermasalah.

“Tahun depan kita akan mencoba untuk merelokasi SDN, dengan catatan pindah ke wilayah kita, nanti bisa segara dibangun sebagai SD pengganti,” pungkasnya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!