RSD Ketapang Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit Gratis

  • Bagikan
Caption: Plt Direktur Utama RSD Ketapang (dr. Juan Zenniko Setiadi, Sp.An) saat memberikan paket bantuan kepada salah satu pasien.

Sampang || Rega Media News

Sebagai wujud kepedulian Rumah Sakit Daerah (RSD) Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing dan celah langit secara gratis bagi bayi dan anak-anak.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSD Ketapang dr. Juan Zenniko Setiadi, Sp.An mengatakan, baksos operasi bibir sumbing dan celah langit dilaksanakan secara gratis ini, ada syarat dan ketentuan yang harus terpenuhi oleh calon pasien.

“Syarat dan ketentuan itu diantaranya, untuk operasi bibir sumbing usia anak maksimal 3 bulan dengan berat badan 5 Kg, khusus operasi celah langit usia anak maksimal 12 bulan dengan berat badan 10 Kg. Semuanya diwajibkan membawa foto copy KK dan KTP,” terangnya, Sabtu (08/01/22).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa dokter Juan ini mengungkapkan, dalam kegiatan baksos tersebut pihaknya bekerjasama dengan Smile Train dan Tim RS Dr Sutomo yang diketuai dr Agus,Sp.BP-RE (K).

“Operasi bibir sumbing dan celah langit gratis ini sejak pertama buka tanggal 20 November 2020, sudah dilakukan 4 kali baksos dan ada 16 pasien yang dikerjakan,” ungkapnya.

Dokter Juan menambahkan, bibir sumbing adalah kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Celah tersebut bisa terdapat di tengah, kanan, atau kiri bibir. Selain di bibir atas, sumbing juga bisa terjadi pada langit-langit mulut. Kondisi ini biasa disebut dengan langit-langit sumbing.

Penyebab bibir sumbing tersebut berkaitan dengan keturunan, perkawinan keluarga dekat, kekurangan gizi, infeksi saat kehamilan dan lainnya. Namun yang pasti terdapat gangguan penyatuan bibir, gusi, atau langit-langit saat kehamilan trimester pertama.

“Berharap pasien-pasien yang sudah mendapatkan layanan tersebut bisa kembali tersenyum, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk berbaur dengan masyarakat,” pungkasnya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!